Mahasiswa Tersangka Teroris Kerap Beri Dana ke Napiter, Alasannya untuk Amal Sedekah

Putranegara Batubara · Jumat, 27 Mei 2022 - 12:58:00 WIB
Mahasiswa Tersangka Teroris Kerap Beri Dana ke Napiter, Alasannya untuk Amal Sedekah
ilustrasi terorisme. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyebutkan bahwa Mahasiswa IA tersangka kasus dugaan terorisme kerap memberikan bantuan dana ke narapidana kasus terorisme (napiter). Alasannya untuk amal sedekah.

Menurut Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, bantuan dana itu diberikan IA kepada napiter setelah yang bersangkutan melakukan pengumpulan dana. 

"Penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif karena IA diketahui mengirim uang ke beberapa lembaga pengumpulan dana, yang diketahui bertujuan untuk membantu orang yang suaminya/anggota keluarganya berada di sijjin (penjara) karena kasus terorisme," ucap Aswin kepada awak media, Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Berdasarkan pengakuan IA sementara, kata Aswin, pemberian dana tersebut merupakan bentuk amal atau sedekah dari dirinya sendiri. 

"Pengakuannya itu amal sedekah pribadi," tutur Aswin. 

Dalam hal ini, IA memang tidak terlibat secara langsung ataupun tercantum dengan struktur organisasi pendanaan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Namun, memiliki hubungan dengan jaringan itu.

"Posisinya IA tidak ada dalam struktural organisasi JAD untuk pendanaan," ujar dia. 

Sebelumnya diberitakan, IA mahasiswa UB diamankan di rumah kosnya di Perumahan Dinoyo Permai Kavling 2 Nomor 7 pada Senin siang sekitar pukul 12.00 WIB. IA disebut Densus 88 salah satu anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan merupakan penyebar propaganda paham ISIS di kalangan anak muda dan mahasiswa.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel: