Mahfud: Dokumen Veronica Koman Hanya Dua Lembar Daftar Nama Tapol Papua Tanpa Identitas

Okezone ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 11:11 WIB
Mahfud: Dokumen Veronica Koman Hanya Dua Lembar Daftar Nama Tapol Papua Tanpa Identitas

Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memperlihatkan ke publik dokumen milik Veronica Koman yang katanya sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja (Kunker) ke Australia. Dokumen tersebut berisi data tahanan politik (tapol) dan korban meninggal di Nduga, Papua sejak Desember 2018.

Mahfud mengungkapkan, daftar nama tapol mencapai 59 orang. Dokumen tersebut dititipkan ke Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Senin dan diberikan kepada Mahfud.

"Hari ini saya dapat dari Veronica yang katanya itu yang diberikan ke presiden dan dititipkan ke BEM UI saat saya beri kuliah umum tadi. Saya dititipi, ini titipan dari Veronica, katanya itu yang diberikan kepada Presiden," katanya di Jakarta, Senin 17 Februari 2020.

Mahfud mengatakan, dokumen milik Veronica tidak seperti apa yang dibayangkan atau dibicarakan banyak pihak. Veronica, menurut dia, hanya melampirkan dua lembar kertas berisi nama-nama orang diduga tahanan politik.

"Ini tidak lebih dari dua lembar dan ini hanya semacam sketsa daftar nama yang tidak ada identitasnya, tidak ada apa-apanya, tidak lebih dari ini," ujar Mahfud.

Namun, Mahfud menegaskan Kemenko Polhukam tak akan mengecilkan laporan yang diterima. Kemenko Polhukam akan mendalami apapun bentuk informasi yang diterima.

"Lalu apakah ini sampah? Tidak juga, akan kita pelajari," tutur Mahfud.

Sekadar diketahui, Veronica mengaku telah menyerahkan dokumen kepada Presiden Joko Widodo tentang 57 tahanan politik serta 243 korban sipil yang tewas di Nduga, Papua, sejak Desember 2018.


Editor : Djibril Muhammad