Mahfud MD : Indonesia Bukan Negara Islam tapi Negara Islami

Binti Mufarida ยท Kamis, 25 November 2021 - 12:28:00 WIB
 Mahfud MD : Indonesia Bukan Negara Islam tapi Negara Islami
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto video Kemenko Polhukam).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa Indonesia bukan negara Islam, tetapi bisa dibangun menjadi negara Islami. Menurut dia, Indonesia sudah menjadi negara Pancasila.

Hal ini diungkapkan Mahfud dalam sambutannya pada penerbitan dua buah buku karya Prof. Dr. Masykuri Abdillah, yakni Islam Agama Kedamaian, serta Islam dan Etika Kehidupan Berbangsa secara virtual, Kamis (25/11/2021).

“Indonesia bukan negara Islam, tapi istilah Kyai Ma’ruf Amin itu negara berkesepakatan, negara perjanjian yang kemudian kita sebut negara Pancasila. Negara Indonesia bukan negara Islam tetapi bisa kita bangun menjadi negara islami. Bukan negara islam tapi negara Islami,” ungkap Mahfud.

Lalu, apa itu negara Islami? “Yaitu keberlakuan nilai-nilai dasar islam di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tanpa harus menyebut bahwa itu Islam,” katanya.

Mahfud mengatakan bahwa banyak nilai-nilai Islami yang banyak mengandung nilai universal. “Misalnya kalau persamaan derajat, soal hak asasi manusia, soal pemerintahan yang adil, soal apa? Menjaga lima hal yang dilindungi oleh SARA, itu maksudnya melindungi kebebasan beragama, melindungi jiwa, melindungi harta, menjaga keturunan, menjaga otak.”

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda