Mahfud MD Jelaskan Pertimbangan Libatkan KSAD Jenderal Andika di Komite Penanganan Covid-19

Felldy Utama ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:28 WIB
Mahfud MD Jelaskan Pertimbangan Libatkan KSAD Jenderal Andika di Komite Penanganan Covid-19

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Dok. iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Komite Penanganan Covid-19. Ada sejumlah pertimbangan pemerintah melibatkan Andika dalam penanganan virus corona (Covid-19).

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, dalam menghadapi Covid-19, tidak cukup hanya melibatkan birokrat. Dibutuhkan kekuatan dari aparat negara untuk membantu teknis pelaksanannya.

"Pelibatan KSAD itu agar lebih teknis juga, lebih teknis mengatur karena selama ini penanganan Covid-19 tidak cukup hanya dilaksanakan oleh komite, tidak cukup dilaksanakan oleh gugus tugas," ujar Mahfud dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (8/8/2020).

Dia menuturkan, selama ini TNI-Polri dilibatkan dalam penanganan Covid-19. Misalnya, dalam pembagian bantuan sosial kepada masyarakat.

"Itu sulit kalau hanya dilakukan oleh birokrasi. Misalnya ada kisruh tentang daftar, ada yang tidak sampai, ada yang nyeleweng ke sana kemari," tuturnya.

Selain itu, kata dia TNI juga memiliki armada yang cepat jika diperlukan dalam kondisi darurat. Salah satunya penjemputan warga negara Indonesia di luar negeri, hingga pemanfaatan pesawat untuk mengambil obat dan sebagainya.

"Semua kita kerahkan karena kita mempunyai konsepsi hankamrata (pertahanan dan keamanan rakyat semesta), semua yang ada kita gunakan bersama," katanya.

Editor : Kurnia Illahi