Mahfud MD Sindir Pejabat di Papua Kaya-Kaya, tapi Rakyatnya Tetap Miskin

Avirista Midaada ยท Jumat, 23 September 2022 - 22:08:00 WIB
Mahfud MD Sindir Pejabat di Papua Kaya-Kaya, tapi Rakyatnya Tetap Miskin
Menko Polhukam Mahfud MD menyindir pejabat-pejabat di Papua yang disebutnya memiliki gaya hidup mewah. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyindir pejabat-pejabat di Papua yang disebutnya memiliki gaya hidup mewah. Hal itu menurutnya kontras dengan kondisi rakyat Papua yang masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan.

Dia mengaku prihatin dengan masih banyaknya kemiskinan di Papua kendati pemerintah telah menggelontorkan dana otonomi khusus (Otsus). Besaran dana Otsus ini disebut Mahfud tak main-main bahkan mencapai Rp1.000 triliun lebih.

"Pemerintah itu selama Otsus itu jumlahnya Rp 1.000,7 triliun, itu tidak jadi apa-apa, rakyatnya tetap miskin. Marah kita ini. Negara menurunkan uang, rakyatnya tetap miskin. Rp1.000,7 triliun itu sejak tahun 2001 ada UU Otsus," ucap Menkopolhukam Mahfud MD seusai kuliah tamu di Universitas Islam Malang (Unisma) pada Jumat (23/9/2022).

Bahkan menteri kelahiran Sampang ini membeberkan sejak pemerintahan Gubernur Papua Lukas Enembe sudah adaRp 500 triliun dana Otsus yang digelontorkan pemerintah pusat untuk membangun Papua dan menyejahterakan rakyatnya. Namun sayang dana sebesar itu tak menghasilkan apa pun dan membuat rakyat Papua masih berada di bawah garis kemiskinan.

"Rakyatnya tetap miskin, pejabatnya foya-foya, dengan cara tadi, ada kick back, ada hanya kebenaran formalitas transaksi. Karena sesudah mendapatkan PMP, KPK dulu pernah periksa disclaimer tidak bisa, baru diperbaiki hanya penyesuaian antara buku dan transaksi," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda