Mahyudin : Sistem Suara Terbanyak Buat Partai Cenderung Pragmatis Raih Suara

Nur Khabibi · Jumat, 09 Desember 2022 - 18:22:00 WIB
Mahyudin : Sistem Suara Terbanyak Buat Partai Cenderung Pragmatis Raih Suara
Ketua Dewan Pertimbangan Partai Perindo Dr. Mahyudin, ST. MM dalam Konsolidasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota Partai Perindo di iNews Tower. (Foto MPI).

JAKARTA, iNews.id - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Dr. Mahyudin, ST. MM mengatakan bahwa sistem suara terbanyak pada pemilu selama ini, menyebabkan rusaknya partai politik. Dengan berpatokan pada suara terbanyak, membuat persaingan para calon anggota legislatif di pemilu layaknya pasar bebas dan cenderung menghalalkan segala cara.

“Dalam rekrutmen para calon anggota legislatif, partai politik pun menjadi cenderung pragmatis demi memenangkan suara, seperti melakukan cara politik dinasti, dan merekrut para pemilik modal,” katanya, saat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota Partai Perindo, tentang Peran Legislatif dalam penguatan partai, di Jakarta, yang dikutip Jumat (9/12/2024). 

Pragmatisme partai politik itu, membuat para calon anggota legislatif yang terpilih kurang mengutamakan kualitas dan kapabilitas. Sehingga tambah Mahyudin, lembaga legislatif yang berisi para kader partai politik belum makasimal menjalankan fungsi keterwakilan untuk kepentingan rakyat.

“Maka sangat wajar jika mayoritas masyarakat saat ini merasa jauh dari partai politik. Mereka seakan tidak percaya lagi dengan wakilnya yang duduk di legislatif,” ujarnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda