Makin Banyak, 80 Orang Positif Covid-19 di Petamburan dan Tebet

Antara ยท Minggu, 22 November 2020 - 19:57 WIB
Makin Banyak, 80 Orang Positif Covid-19 di Petamburan dan Tebet

Kerumunan orang dalam acara keagamaan di Tebet, Jakarta Selatan yang dihadiri Habib Rizieq Shihab, Jumat (13/11/2020). (Foto: Okezone).

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Kesehatan menyatakan 80 orang positif Covid-19 di Petamburan dan Tebet, Jakarta. Kepastian ini didapat melalui pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Budi Hidayat mengatakan, hasil tes PCR Kemenkes terdapat 50 kasus positif Covid-19 di Tebet dan 30 kasus di Petamburan. Mereka terpapar setelah acara yang menimbulkan kerumunan massa.

Jumlah ini lebih banyak dari yang diumumkan Satgas Penanganan Covid-19. Sebelumnya Satgas menyatakan terdapat 7 orang positif di Petamburan, 50 di Tebet dan 20 di Megamendung, Bogor. Konfirmasi positif ini diketahui setelah acara yang Habib Rizieq Shihab.

Menurut Budi, data pemeriksaan tes PCR yang dilakukan di laboratorium kesehatan daerah hingga 21 November 2020 juga masih menunggu hasil 15 kasus yang berasal dari kerumunan di Megamendung

"Kerumunan pada kegiatan yang dilakukan dalam rangka acara keagamaan dan nikahan tersebut, Kementerian Kesehatan mengimbau bagi siapa saja yang mengikuti dan siapa pun yang merasa kontak erat dengan orang yang hadir agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," kata Budi, Minggu (22/11/2020).

Dia menegaskan, bagi masyarakat yang menghadiri kegiatan dan berkerumun di Bandara Soekarno-Hatta, Petamburan, Tebet, dan Mega Mendung terkait acara yang dihadiri tokoh FPI Rizieq Shihab untuk isolasi mandiri agar meminimalkan risiko penularan Covid-19 yang lebih luas.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua