Manfaatkan Kerja Sama dengan Dukcapil, Ikatan Alumni ITB Gelar Pemilihan Ketum Lewat E-Voting

Riezky Maulana ยท Sabtu, 06 Maret 2021 - 08:19:00 WIB
Manfaatkan Kerja Sama dengan Dukcapil, Ikatan Alumni ITB Gelar Pemilihan Ketum Lewat E-Voting
Ketua IA ITB, Ridwan Djamaluddin dan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menandatangani kerja sama pemanfaatan data kependudukan. (Foto: Kemendagri)

JAKARTA, iNews.id - Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) menyambut baik perjanjian kerja sama pemanfaatan data kependudukan yang dilakukan dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri). Kerja sama itu akan dimanfaatkan untuk menyelenggarakan pemilihan ketua umum (ketum) IA ITB pada 26-27 Maret 2021.

Ketua IA ITB, Ridwan Djamaluddin mengatakan imbas dari kerja sama itu membuat pemilihan ketum akan dilaksanakan secara elektronik atau e-voting. Dia menegaskan kerja sama pada data kependudukan dinilai dapat meningkatkan kualitas tata kelola organisasi IA ITB.

“Kami akan menyelenggarkan pemilihan Ketua Umum IA ITB dengan banyaknya anggota kurang lebih 100.000 orang. Rencananya kami akan lakukan secara elektronik sehingga membutuhkan basis data yang kuat,” ujar Ridwan, di acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan NIK dan KTP-el antara IA ITB dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Ridwan mengatakan pelaksanaan e-voting membuat tata kelola organisasi IA ITB selangkah lebih maju.

“Dengan kerja sama pemanfaatan ini, kami masuk satu langkah lebih maju dalam tata kelola organisasi yang tadinya tradisional. Harapannya tingkat keabsahan pemilihan ketua umum IA ITB dapat menjadi lebih baik,” tutur Ridwan menambahkan.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2