Mantan Kapolri Awaloedin Djamin Meninggal Dunia

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 31 Januari 2019 - 16:30 WIB
Mantan Kapolri Awaloedin Djamin Meninggal Dunia

Kapolri 1978-1982 Jenderal Pol (purn) Awaloedin Djamin (dua dari kiri). Awaloedin meninggal dunia, Kamis (31/1/2019). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Kabar duka datang dari keluarga besar Korps Bhayangkara. Kapolri periode 1978-1982 Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin tutup usia, Senin (31/1/2019).

Awaloedin meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Informasi wafatnya pria kelahiran Padang, Sumatera Barat itu dibenarkan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal.

”Betul, beliau berpulang sekitar pukul 14.45 WIB,” kata Iqbal di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Iqbal menuturkan, berdasarkan rencana jenazah almarhum akan disemayamkan di auditorium PTIK dan disalatkan di masjid PTIK seusai salat Jumat. Adapun mengenai pemakaman, akan diinformasikan selanjutnya oleh pihak keluarga.

Awaloedin menjabat sebagai kapolri pada periode 1978 – 1982. Kariernya yang cemerlang juga mengantarkan dia duduk sebagai Menteri Tenaga Kerja pada Kabinet Ampera (1966). Oleh pemerintah, dia juga pernah ditugaskan sebagai duta besar RI untuk Jerman Barat.

Lulus dari SMA, Awaloedin melanjutkan studinya di Fakultas Ekonomi (1949-1950) kemudian menjadi prajurit polisi. Dia juga menempuh pendidikan di PTIK hingga lulus pada 1955.

Awaloedin termasuk sosok langka. Sebagi seorang polisi, dia memperdalam ilmunya di University of Pitsburgh dan dilanjutkan ke University of Southern California, Amerika Serikat, hingga meraih gelar PhD (profesor) pada 1962.

Selain semasa kepemimpinannya di Korps Bhayangkara, Polri diarahkan pada kelembagaan yang dinamis dan profesional. Atas pengabdiannya di Polri, Awaloedin dianugerahi antara lain Bintang Dharma, Bintang Bhayangkara dan Bintang Mahaputra Adipradana.

Selain itu Satya Lencana Perang Kemerdekaan (I dan II), Satya Lencana Karya Bhakti, dan Satya Lencana Yana Utama. Dari luar negeri, dia menerima Das Gross Rreuz (Pemerintah Jerman Barat) dan The Phillipine Legion of Honor (Pemerintah Filipina).

Editor : Zen Teguh