Ma'ruf Amin Minta Semua Umat Islam di Indonesia Salat Id di Rumah

Antara ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 21:22:00 WIB
Ma'ruf Amin Minta Semua Umat Islam di Indonesia Salat Id di Rumah
Wakil Presiden Ma`ruf Amin (dok Instagram Ma`ruf Amin)

JAKARTA, iNews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa agar umat Islam tidak menggelar salat Idul Fitri di lapangan dan masjid. Fatwa tersebut bertujuan untuk mencegah penularan virus Corona atau Covid-19.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyampaikan Minal Aidin wal Faizin kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dia mengimbau agar masyarakat mematuhi fatwa itu dan melakukan salat Id di rumah masing-masing.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia saya menyampaikan Minal Aidin wal Faizin, selamat Hari Raya Idul Fitri karena beberapa hari lagi kita akan masuk Hari Raya Idul Fitri. Pemerintah meminta agar masyarakat dalam merayakan Idul Fitri (Salat Id), dilakukan di rumah, tidak di masjid atau pun di lapangan terbuka," ujarnya dalam pesan video, Kamis (21/5/2020).

Ma'ruf mengatakan imbauan pemerintah itu disebabkan karena situasi, keadaan negara masih menghadapi pandemi Covid-19. Dia mengatakan masih diperlukannya upaya mencegah penyebaran virus dengan mencegah terjadinya perkumpulan massa.

"Dan saya kira agama juga mengajarkan kita untuk menjaga kehidupan kita, dari kemungkinan tertimpa bahaya," ujarnya.

Dia menyampaikan agama Islam mengajarkan untuk senantiasa membangun kemaslahatan dan menghilangkan kemudharatan, kedaruratan, dan kerusakan, atau memperkecil kerusakan dan kemudharatan. Karena itu, kata dia, dalam melaksanakan ajaran agama perlu menyesuaikan dengan keadaan.

"Tahun ini Hari Raya kita masih dalam suasana kedaruratan, kebahayaan. Andai kata kita masih memaksakan melakukan (Salat Ied) di masjid atau di lapangan, kemudian terjadi penularan-penularan, itu berarti tidak sesuai dengan prinsip ajaran agama yang seharusnya memperkecil bahaya," katanya.

Dia menyampaikan pemerintah memohon maaf lantaran bahaya Covid-19 belum hilang dan untuk menghilangkannya bukan sesuatu yang mudah.

Dia mengatakan selain Covid-19 merupakan virus yang sulit dihadapi, bangsa Indonesia juga memiliki jumlah penduduk yang besar dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

Selain itu, luasnya wilayah Indonesia juga menjadi kesulitan tersendiri, ditambah adanya sebagian masyarakat yang kurang disiplin dan kurang mematuhi protokol kesehatan.

"Walau begitu situasi Covid-19 sudah terjadi penurunan karena kita harapkan tidak lama lagi Covid-19 akan hilang dan segera berlalu. Kami juga prihatin karena Hari Raya ini banyak saudara kita yang berhari raya dalam suasana memprihatinkan, dalam suasana tidak seperti Hari Raya tahun-tahun lalu," kata Wapres.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq