JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) berbenah pada tahun 2021. Pasalnya masih menerima keluhan dari masyarakat seperti calo dan pungutan liar (pungli).
Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan akan melakukan evaluasi. Dia menyebut masih ada keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di dinas dukcapil.
"Beberapa keluhan masih muncul seperti lambannya pelayanan, pelayanan yang memperlambat persyaratan tertentu, prosedur yang panjang, dan masih ada pungli dan calo di beberapa daerah," katanya dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/12/2020).
Atas sejumlah persoalan tersebut, Zudan menyebut pelayanan Dukcapil perlu dibenahi. Dengan begitu pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan bisa dilaksanakan secara optimal.
Kemendagri Larang Risma Rangkap Jabatan
"Karena kami ingin berbenah di tahun 2021, bisa melakukan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih baik lagi," katanya.
Editor : Faieq Hidayat