Masjid Istiqlal Potong 35 Ekor Hewan Kurban, Sapi Milik Jokowi Urutan Pertama

Harits Tryan Akhmad ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 10:36 WIB
Masjid Istiqlal Potong 35 Ekor Hewan Kurban, Sapi Milik Jokowi Urutan Pertama

Masjid Istiqlal memotong 35 ekor hewan kurban salah satunya Sapi peranakan Ongole milik Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA, iNews.id - Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat akan melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari ini, Sabtu (1/8/2020). Setidaknya ada 20 ekor sapi dan 15 ekor kambing yang akan disembelih.

Ketua Panitia Kurban Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, dari jumlah tersebut ada hewan kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yakni sapi berjenis ongole dengan berat di atas 1 ton. Sapi milik Jokowi dan Ma'ruf Amin akan menjadi yang pertama dipotong.

"Jumlah hewan kurban ada 35 ekor. Terdiri dari sapi dan 15 kambing. Hewan kurban ini berasal dari Presiden dan wakil, mengucapkan terima kasih. Meskipun salat Idul Adha tak digelar, tapi hewannya dititipkan di sini," ujarnya di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Masjid Istiqlal, menurut Abu, sudah menaksir total keseluruhan daging sapi yang akan didapatkan sebanyak 6.387 kilogram. Sementara daging kambing berjumlah 628 kilogram.

"Sudah kami survei sebelumnya. Kami priotitaskan dengan warga yang bertetangga dengan masjid Istiqlal. Yaitu, kecamatan Sawah Besar," ucapnya.

Pelaksanaan pemotong dimulai pukul 09.00 WIB. Pemotongan diawali dengan sapi bernis peranakan ongole (PO) milik Presiden Jokowi.

Pemotongan hewan kurban ini juga mengikuti protokol kesehatan. Petugas dibatasi dengan hanya berjumlah 50 orang, lalu menggunakan alat pelindung diri (APD), mengenakan masker hingga face shield.

Editor : Djibril Muhammad