Membedah Dukungan Jokowi, Pengamat Sebut Prabowo Mampu Jawab Tantangan Indonesia ke Depan

Felldy Utama ยท Kamis, 01 Desember 2022 - 08:58:00 WIB
Membedah Dukungan Jokowi, Pengamat Sebut Prabowo Mampu Jawab Tantangan Indonesia ke Depan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyebut nama Menteri Pertahanan (Menhan)Prabowo Subianto saat berbicara mengenai pemimpin yang berpotensi menjadi penerusnya kelak. (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa kesempatan, baik secara implisit maupun eksplisit memberikan dukungan kepada Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Termasuk mengonfirmasi Prabowo sebagai calon pemimpin pro rakyat, yang cirinya berambut putih dan memiliki kerutan di wajah.

Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI), Abdul Hakim mengatakan dukungan Jokowi tersebut diberikan karena hanya Prabowo yang dinilai mampu menjawab tantangan Indonesia dan ancaman global pada masa depan.

"Di antara calon-calon pemimpin Indonesia yang memiliki tingkat eleksi yang sudah baik saat ini, Prabowo Subianto menjadi jawaban satu-satunya terkait ancaman global ini," katanya di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

"Dengan rekam jejak pergaulan internasional, background militer yang melekat, serta punya trah seorang ekonom, tentu Prabowo Subianto memiliki cukup kompetensi untuk melakukannya," ucap dia.

Jika antisipasi tersebut dibebankan kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo atau mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dia mengatakan level keduanya masih jauh dari Prabowo.

"Dalam konteks mengantisipasi ancaman global ini," ucapnya.

Abdul Hakim melanjutkan, sebagai seorang pemimpin, Jokowi memahami tantangan yang akan dihadapi Indonesia di masa depan. Misalnya, meningkatkan ketegangan global imbas invasi Rusia ke Ukraina; konflik di Laut China Selatan (LCS) antara antara China, Taiwan, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam serta risiko resesi ekonomi.

"Dalam situasi ketegangan global yang saat ini mencengkeram berbagai negara dunia itu, tentu sangat diperlukan langkah antisipasi yang sangat baik. Untuk itu, dibutuhkan sosok pemimpin yang terus bisa membuat situasi politik Indonesia tetap stabil dalam rangka melanjutkan pembangunan," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda