Mendagri Tito Karnavian Minta KPUD Gelar Simulasi sebelum Pilkada 2020 Dimulai

Dita Angga, Sindonews ยท Senin, 23 November 2020 - 19:10:00 WIB
Mendagri Tito Karnavian Minta KPUD Gelar Simulasi sebelum Pilkada 2020 Dimulai
Mendagri Tito Karnavian meminta KPUD melaksanakan simulasi sebelum Pilkada 2020 dimulai. (Foto: Kemendagri)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masing-masing Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) melaksanakan simulasi sebelum Pilkada 2020 dimulai. Hal itu menurutnya penting untuk mematenkan penerapan protokol kesehatan.

Tito mengatakan simulasi bisa dilaksanakan KPUD bersama jajaran Forkopimda agar semua unsur memahami aturan pelaksanaannya.

"Mudah-mudahan KPUD segera melaksanakan simulasi bersama Forkopimda, sehingga siapa berbuat apa itu betul-betul bisa diketahui oleh para penyelenggara tempat pemungutan suara (TPS),” katanya dikutip dalam rilis Puspen Kemendagri di Jakarta, Senin (23/11/2020).

Dia juga berharap kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dapat mengoordinasikan prosedur pemungutan suara sebelum Pilkada 2020 digelar. Mulai dari cara masuk, perlengkapan untuk pemilih, penyelenggara, pengamanan, dan pengawasan. Termasuk pengaturan waktu pencoblosan untuk menghindari terjadinya kerumunan yang berpotensi sebagai sarana penularan covid-19.

“Termasuk di antaranya yang paling penting sekali, yang perlu diketahui kita bersama adalah pengaturan jam, kalau dulu tidak. Semua yang datang siapa yang datang dilayani, first in first serve. Nah sekarang tidak, itu kalau begitu akan terjadi pengumpulan, jadi yang kuncinya adalah pada KPPS,” ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2