Mendikbud Nadiem: Mohon Maaf, Reformasi Pendidikan Tak Bisa Selesai dalam 5 Tahun

Antara ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 17:46 WIB
Mendikbud Nadiem: Mohon Maaf, Reformasi Pendidikan Tak Bisa Selesai dalam 5 Tahun

Mendikbud Nadiem Makarim di SDN Cirimekar Bogor, Senin (6/1/2020) (Foto: iNews/ Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan lompatan dan reformasi pendidikan tak akan selesai dalam lima tahun masa jabatannya. Dia tak pernah menemukan reformasi pendidikan dalam waktu singkat.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi Indonesia Millenial Summit di Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020). "Saya di sini untuk melakukan lompatan, tapi semua lompatan tak bisa dilakukan hanya dalam waktu lima tahun. Mohon maaf, reformasi pendidikan tak bisa selesai dalam lima tahun, tidak mungkin," katanya.

Dia menjelaskan reformasi dan lompatan di bidang pendidikan paling tidak baru bisa terwujud sekitar 10 sampai 15 tahun. Menurutnya, salah satu tantangannya adalah mendorong pemerintah daerah memaksimalkan kendali memajukan pendidikan di wilayah masing-masing.

BACA JUGA: Nadiem Makarim Ungkap Tiga Alasan Ditunjuk Jokowi Jadi Mendikbud

Selain itu Nadiem mengatakan diperlukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga lain untuk membuat suatu kebijakan. Dia menegaskan masalah di dunia pendidikan Indonesia harus diselesaikan satu per satu melalui langkah terpadu.

"Paling tidak dalam lima tahun ini, 10-20 persen masalah pendidikan sekarang bisa diselesaikan melalui lompatan. Sementara lainnya 80 persen diharap bisa mengikuti," ucapnya.

BACA JUGA: Jejak Historis Nadiem Makarim, dari Keponakan Pengusaha di Orde Baru hingga Cucu Pejuang Kemerdekaan

Mantan bos Gojek itu meminta semua elemen masyarakat ikut andil dalam menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. Tak hanya mengandalkan langkah-langkah dari pemerintah saja.

"Saya selalu bilang ini tak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja. Gagal 100 persen kalau hanya pemerintah saja," ujarnya.


Editor : Rizal Bomantama