Menegangkan, 2 Jet Tempur F-16 TNI AU Cegat Pesawat Asing di Langit Sumatra

Riezky Maulana ยท Selasa, 15 Maret 2022 - 15:06:00 WIB
Menegangkan, 2 Jet Tempur F-16 TNI AU Cegat Pesawat Asing di Langit Sumatra
TNI AU mengerahkan dua pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon untuk memaksa turun atau "Force Down" pesawat asing di wilayah udara Sumatra. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - TNI AU mengerahkan dua pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon untuk memaksa turun atau "Force Down" pesawat asing di wilayah udara Sumatra. Usai pencegatan yang menegangkan, pesawat asing itu dipaksa mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (14/3/2022).

Kadis Operasi Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Pnb Asri Efendi Rangkuti menjelaskan dari pantauan Radar Kosek I dilaporkan terdapat satu pesawat tak dikenal yang melanggar wilayah udara Riau. Oleh karena itu, dua jet tempur dikerahkan untuk mengidentifikasi. 

"Sementara proses identifikasi berlangsung, seluruh unsur yang berada di Lanud Rsn pun diperintahkan untuk bersiaga penuh," ujar Effendi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (15/3/2022). 

Karena tidak mengindahkan imbauan untuk keluar dari wilayah udara Riau, maka pesawat tempur Skadron Udara 16 dengan call sign “Rydder Flight” mendapatkan perintah untuk melaksanakan force down. Setelahnya, pilot tersebut dibawa ke RSAU dr Sukirman untuk dilakukan pengecekan kesehatan. 

"Tim intelijen Lanud Rsn melakukan interogasi kepada pilot dari pesawat asing tersebut guna mendapatkan data dan informasi yang diperlukan," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda