Mengenal 3 Grup Kopassus dengan Kemampuan Mematikan, Nomor 3 Punya Spesialisasi Khusus

Sucipto ยท Minggu, 03 Juli 2022 - 06:26:00 WIB
Mengenal 3 Grup Kopassus dengan Kemampuan Mematikan, Nomor 3 Punya Spesialisasi Khusus
Kopassus TNI AD memiliki tiga grup dengan kemampuna berbeda-beda namun mematikan. (Foto: IG/Prabowo Subianto)

JAKARTA, iNews.id - Di satuan elite TNI AD yaitu Kopassus terdapat tiga grup yang masing-masing mengemban misi khusus. Mereka juga dibedakan dengan kemampuan khusus namun sama-sama mematikan.

Ketiganya pun ditempatkan di lokasi strategis yang berbeda. Grup 1 bermarkas di Serang, Banten. 

Sedangkan Grup 2 bermarkas di Kartasura, Jawa Tengah dan Markas Grup 3 berada di Mako Cijantung, Jakarta Timur. Tujuannya untuk memudahkan pergerakan pasukan.

Berikut penjelasan mengenai masing-masing grup Kopassus beserta spesialisasinya:

1. Grup 1 Kopassus/Para Komando

Grup 1 dan Grup 2 Kopassus memiliki peran yang sama yakni Para Komando (Parako). Dalam penugasannya, mereka bisa diterjunkan di mana saja. Mulai dari operasi lintas udara, hingga penyerbuan amfibi dari laut.

Markas Grup 1 Kopassus awalnya berada di Cijantung, Jakarta Timur. Namun karena wilayah Cijantung diperkirakan bakal ramai dan padat sehingga menyulitkan Kopassus melakukan latihan dan penempatan pasukan akhirnya dipindah ke Serang, Banten.

Daerah Serang yang masih kosong menjadi lokasi yang sangat ideal untuk penempatan prajurit. Lokasi ini sebenarnya bukan tempat yang asing bagi prajurit Kopassus karena sudah menjadi tempat latihan penerjunan prajurit Kopassus. Apalagi pemindahan sudah direncanakan sejak 1970.

Dikutip dari buku berjudul “Kopassus untuk Indonesia” disebutkan Markas Grup 1 Kopassus ini sangat strategis sebagai penjaga “Pintu Barat” Pulau Jawa. Lokasi markas ini tepatnya berada di sekitar kawasan industri petrokimia dan industri baja yang dibangun Rusia pada 1960-an yang dikenal dengan Krakatau Steel.

Markas Grup 1 Kopassus ini dekat dengan Pelabuhan Merak. Memiliki pangkalan udara (Lanud) Gorda, lanud ini dibangun oleh romusha (pekerja paksa) di masa pendudukan Jepang pada 1943. Di bangun di atas lahan seluas 700 hektare, Lanud Gorda memiliki dua landasan.

Grup 1 Kopassus didirikan pada 23 Maret 1963. Pembentukan Grup 1 Kopassus yang saat itu bernama RPKAD dipimpin oleh Kolonel Inf Moeng Parhadimulyo dalam sebuah upacara di Lapangan IKADA sekarang Monas. Komandan Grup (Dangrup) 1 Kopassus pertama adalah Mayor LB Moerdani.

Selain LB Moerdani, nama-nama yang pernah menjadi Dangrup 1 Kopassus antara lain Wismoyo Aris Munandar, Pramono Edhie Wibowo. Kekuatan Grup 1 terdiri dari 3.274 personel dalam empat batalyon tempur yaitu:

• Batalyon 11/Atulo Sena Baladhika
• Batalyon 12/Asabha Sena Baladhika
• Batalyon 13/Thikkaviro Sena Baladhika
• Batalyon 14/Bhadrika Sena Baladika.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda