Mengenal Perbedaan Kostrad dan Kopassus, Satuan Elite TNI AD

Rizal Bomantama ยท Jumat, 02 September 2022 - 11:30:00 WIB
Mengenal Perbedaan Kostrad dan Kopassus, Satuan Elite TNI AD
Satuan Elite Kostrad dan Kopassus (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - TNI AD bertugas untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Prajurit TNI AD tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai satuan elite khusus.

Ada dua satuan elite yang disegani di TNI AD. Dua satuan itu yakni Komando Cadangan Strategis (Kostrad) dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sejarah mencatat Kopassus dan Kostrad menegaskan diri sebagai pasukan elite dengan sukses menuntaskan tugas-tugas berat. 

Di antaranya operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, dan berbagai operasi militer lainnya.

Kopassus dan Kostrad memiliki perbedaan tugas dan fungsi serta ciri khas tersendiri meski sama-sama bagian dari komando tempur utama. 

Kostrad merupakan satuan tempur dasar, sedangkan Kopassus pasukan yang dipersiapkan atau dilatih khusus untuk tugas-tugas spesifik. 

Berikut enam perbedaan Kostrad dan Kopassus :

1. Warna Baret 

Baret yang digunakan pasukan Kostrad berwarna hijau sedangkan baret yang digunakan Kopassus berwarna merah sehingga sering disebut pasukan baret merah. 

2. Warna Seragam 

Seragam Kostrad dan Kopassus berbeda pada lorengnya. Kostrad berseragam loreng hijau tua dan cokelat tua, sedangkan Kopassus paduan warna merah darah kecokelatan.

3. Pimpinan 

Sama-sama di bawah komando Panglima TNI, Kostrad dipimpin jenderal bintang tiga (letnan jenderal). Sedangkan Kopassus dipimpin jenderal bintang dua (mayor jenderal). 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda