Mengharukan, KSAD Andika Perkasa Berlinang Air Mata saat Jenguk Sertu Rizka Pengidap Tumor Otak

Irfan Ma'ruf · Senin, 17 Februari 2020 - 09:00 WIB
Mengharukan, KSAD Andika Perkasa Berlinang Air Mata saat Jenguk Sertu Rizka Pengidap Tumor Otak

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersama istri, Diah Erwiany, membesuk Sertu (K) Rizka Nurjanah di RSPAD Gatot Soebroto, belum lama ini. (Foto: Dispenad).

JAKARTA, iNews.id - Suasana haru mewarnai ruang perawatan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Momen ini terjadi kala KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengunjungi para prajurit yang terbaring sakit.

Salah satu personel yang sedang menjalani perawatan yakni Sertu (K) Rizka Nurjanah. Rizka dirawat karena mengidap tumor otak. Akibat sakit itu, anggota Dinas Penerangan TNI AD ini mengalami kebutaan.

KSAD Andika datang membesuk bersama sang istri, Diah Erwiany. Mengetahui dikunjungi KSAD dan istri, kegembiraan Rizka pun pecah. Meski masih di atas pembaringan, dia terlihat sangat antusias.

Rasa syukur tak henti diucapkan prajurit yang semestinya harus bertugas ke Lebanon itu. Rasa syukur itu diucapkannya berkali-kali.

“Alamdulillahirobbil'alamin… Ibu KSAD datang menjenguk saya. Syukron jazakallah khairan katsiira… Alhamdulillah.. semoga dibalas oleh Allah,”kata Rizka, sebagaimana dalam video yang dibagikan oleh akun resmi Youtube TNI AD, dikutip Senin (17/2/2020).

Diah Erwiany dengan lembut pun memeluk Rizka dan mengusap wajahnya. Rizka terlihat begitu emosional.

“Alhamdulillah. Aku ingin nangis, tapi kesemangatan aku…,” katanya, dengan nada bergetar. “Terima kasih, izin Ibu dan Bapak (KSAD). Saya seneng banget,”ucapnya.

Andika yang menyaksikan momen itu turut menguatkan hati Rizka. Kepada anggotanya itu, dia berpesan agar disiplin. Apa pun yang disarankan dokter, harus dipatuhi.

“Harus disiplin, supaya apa? Supaya cepat sembuh,” ucapnya, yang seketika dijawab “siap”oleh Rizka.

Rizka semestinya ditugaskan ke Lebanon sebagai anggota pasukan perdamaian RI. Namun rencana itu tak terwujud setelah dia didiagnosis mengidap tumor otak. Pada Februari 2017 dia menjalani operasi.

Rizka tabah menjalani cobaan yang diterimanya. Dia berterima kasih atas segala dukungan dan semangat yang diberikan oleh seluruh pihak kepadanya, termasuk keluarga besar TNI AD

Selain anggota Dispenad, Rizka juga dikenal sebagai presenter dan model di lingkungan TNI AD. “Rizka ini dulu presenter saya, model saya juga, jadi peragawati saya, pakai baju saya,” kata Diah.

Rizka berseri-seri mendengarkan ucapan tersebut. Rasa terima kasih lagi-lagi terlontar dari bibirnya. “Aku tidak bisa berkata apa-apa,” katanya, mencoba tegar.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Diah memeluk erat Rizka. Kepadanya, Diah membisikkan kata-kata yang membesarkan hati sang prajurit tersebut.

Rizka mendekap erat Diah. “I love you too, Bu,” katanya. Pelukan erat itu berlangsung beberapa saat lamanya. Rizka pun tak kuasa menahan haru. Air matanya mengucur deras. “Alhamdulillah, terima kasih Bu,”” katanya, sesenggukan.

Diah juga berkaca-kaca. Begitu pula KSAD yang menyaksikan momen itu tampak tak kuasa menahan air mata. Andika bahkan harus mengeluarkan tisu dari saku celana untuk mengusap air mata yang menetes.


Editor : Zen Teguh