Menlu Bahas Politisasi Vaksin dan Kemerdekaan Palestina di KTT Non-Blok

Dita Angga ยท Selasa, 12 Oktober 2021 - 05:03:00 WIB
Menlu Bahas Politisasi Vaksin dan Kemerdekaan Palestina di KTT Non-Blok
Menlu Retno Marsudi membahas politisasi vaksin Covid-19 dan kemerdekaan bangsa Palestina dalam KTT Gerakan Non-Blok (GNB) ke-60 di Beograd, Serbia. (Foto: Kemlu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan sejumlah hal dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) ke-60 di Beograd, Serbia sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sesi debat umum, Retno mewakili Indonesia diberi kesempatan sebagai pembicara pertama

“Di dalam KTT tersebut saya sampaikan bahwa tantangan dunia setelah 60 tahun berdirinya GNB masih besar dan bahkan lebih kompleks. Seperti pandemi dan perubahan iklim,” katanya dalam konferensi persnya yang dikutip dari Kanal Youtube Kemenlu, Selasa (12/10/2021).

Retno menyampaikan Dasasila Bandung mengandung tiga nilai dan prinsip untuk mengatasi tantangan dunia saat ini. Pertama nilai dan prinsip persamaan antara negara. Terkait hal ini Retno menyinggu soal akses vaksin yang mana masih terjadi diskriminasi dan politisasi di tataran global.

“Akses yang tidak sama terhadap vaksin saat ini masih terjadi. Diskriminasi dan politisasi vaksin bahkan memperlebar ketimpangan vaksin dan kesulitan untuk pulih secara bersama. Oleh karena kesertaan dan kesamaan akses terhadap vaksin menjadi ujian moral paling besar bagi kita semua,” ucapnya.

Menurutnya Dasasila Bandung sebagai hasil Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 mengajarkan persamaan antara negara. Dia pun mengajak negara anggota GNB dapat bergerak bersama dalam menyoroti kesetaraan akses vaksin.

“Untuk itu semua negara GNB harus bergerak bersama dan menggaungkan solidaritas untuk kesetaraan akses vaksin Covid-19,” ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: