Menlu Retno Marsudi Telepon 14 ABK WNI yang Pulang dari Korsel

Felldy Utama ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 11:41 WIB
Menlu Retno Marsudi Telepon 14 ABK WNI yang Pulang dari Korsel

Menlu Retno Marsudi menelepon 14 ABK WNI kapal berbendera China yang kembali ke Indonesia hari ini, Jumat (8/5/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 14 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang dieksploitasi di kapal ikan berbendera China dijadwalkan kembali ke Tanah Air hari ini, Jumat (8/5/2020). Pagi ini mereka diketahui sudah berada di Bandara Incheon di Korea Selatan (Korsel).

Menurut video yang diterima iNews.id, Jumat (8/5/2020), Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyempatkan diri menelepon 14 ABK tersebut. Mereka didampingi tim dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul.

"Saya Retno Marsudi, bagaimana kabar teman-teman semua, sehat kan?" kata Retno.

"Sehat, Bu," jawab para ABK.

Setelah itu Retno mendoakan agar 14 ABK bisa sampai di Tanah Air dengan selamat. Retno mengatakan instansi terkait akan segera menemui 14 ABK tersebut setelah tiba di Indonesia.

Salah satu hal yang akan ditanyakan mengenai pengalaman yang didapat selama bekerja di kapal ikan berbendera China tersebut. Di akhir pembicaraan, Retno sempat menanyakan proses investigasi oleh otoritas di Korsel.

"Tapi kemarin sudah interview dengan police guard di sana?" tanya Retno.

"Sudah, Bu," ucap para ABK.

Seperti diketahui eksploitasi ABK asal Indonesia terungkap melalui laporan dari Stasiun Televisi Korsel, MBC. Tiga ABK asal Indonesia diketahui meninggal dunia dan dilarung ke laut lepas.

Sementara satu ABK asal Indonesia lainnya yang meninggal dunia masih berada di Korsel. Jenazah satu ABK itu rencananya juga diterbangkan ke Indonesia hari ini.

Total ada 46 ABK asal Indonesia yang dipekerjakan di empat kapal ikan berbendera China. Sebanyak 29 di antaranya telah pulang terlebih dahulu ke Indonesia.

Editor : Rizal Bomantama