Minta Klarifikasi Nadiem Makarim, PBNU: Sejarah Pendidikan Indonesia Tak Lepas dari Peran Kiai

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Kamis, 22 April 2021 - 17:29:00 WIB
Minta Klarifikasi Nadiem Makarim, PBNU: Sejarah Pendidikan Indonesia Tak Lepas dari Peran Kiai
Sekjen PBNU KH Helmy Faishal Zaini menyerahkan ensiklopedia NU kepada Mendikbud Nadiem Makarim usai pertemuan soal klarifikasi hilangnya nama KH Hasyim Asyari di Kamus Sejara Indonesia Jilid I. (Foto: MNC Portal Indonesia/Komaruddin Bagja)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendatangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Senen, Jakarta Pusat, Kamis (22/4/2021). Di sana Nadiem mengklarifikasi soal hilangnya nama tokoh pendiri NU, KH Hasyim Asyari dari Kamus Sejarah Indonesia Jilid I yang diterbitkan Kemendikbud.

Nadiem ditemui langsung oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Sekjen PBNU KH Helmy Faishal Zaini serta Yenny Wahid. Helmy mengatakan dalam pertemuan tertutup, Mendikbud telah memberikan klarifikasi.

"Tadi sudah langsung bertemu dengan Ketum NU KH Said Aqil Siroj, tadi juga diterima oleh beberapa pengurus, beliau menyampaikan tabayyun klarifikasi terkait dengan beredarnya kamus sejarah Indonesia yang ternyata tadi Pak Menteri sudah menyampaikan bahwa ini adalah program 2017," kata Helmy di kantor PBNU, Kamis (22/4/2021).

Dia menambahkan, PBNU menyampaikan sejumlah kritik, saran, dan masukan kepada Nadiem Makarim. 

"Sejarah pendidikan Indonesia itu tidak lepas dari peran besar kiai NU dalam konteks membangun sekaligus merintis berdirinya NKRI," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2