Momen Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada JK di Acara Pelantikan Presiden

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 04:00 WIB
Momen Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada JK di Acara Pelantikan Presiden

Wapres Jusuf Kalla memberikan salam kepada seluruh tamu undangan yang memberikan standing ovation saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 di Gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya seusai dilantik sebagai Presiden RI 2019-2024 dalam Sidang Paripurna MPR, Minggu (20/10/2019). Pidato itu berisi agenda pemerintahan mendatang dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantunya.

Secara khusus Jokowi menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap Wapres Jusuf Kalla yang telah membantu selama periode pertama pemerintahannya, yakni 2014-2019. Ucapan terima kasih itu mewakili pribadi dan seluruh rakyat Indonesia.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini, perkenankan saya, atas nama pribadi, atas nama Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, dan atas nama seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Muhammad Jusuf Kalla yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama lima tahun terakhir,” ujar Jokowi.

Tak hanya kepada JK, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada institusi dan lembaga-lembaga negara hingga aparat TNI-Polri yang turut serta membantunya dalam menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

BACA JUGA: Video Presiden Jokowi Baca Pidato Kenegaraan usai Diambil Sumpah Jabatan

Jokowi-Ma'ruf resmi menjabat Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 setelah dilantik dan diambil sumpahnya dalam Sidang Paripurna MPR. Seiring usainya pengucapan sumpah jabatan tersebut, berakhir pula masa bakti JK.

Menandai masa akhir pengabdian tersebut, JK bertukar kursi dengan wapres terpilih Ma’ruf Amin. JK yang semula berada di kanan, berpindah ke kursi yang semula ditempati Ma’ruf.

JK sebelumnya juga mendapat standing ovation dari seluruh tamu undangan yang hadir di Sidang Paripurna MPR. Momen itu terjadi ketika Ketua MPR menyampaikan terima kasih dan penghargaan untuk JK.

Bamsoet secara khusus juga menyampaikan pantun dalam Bahasa Bugis untuk JK. "Buah panasa buah durian, tempeding riala inungeng. Tema ka raja paberena, tema ruleke papidecena," kata Bamsoet. Dia lantas menjelaskan artinya.

"Buah nangka buah durian, tak dapat dijadikan minuman. Sungguh besar pengabdianmu, tak sanggup ditatar kebaikanmu," kata Bamsoet.


Editor : Zen Teguh