MPR: Keterwakilan 30 Persen Perempuan di Parlemen Harus Diperjuangkan

Binti Mufarida ยท Minggu, 28 Februari 2021 - 11:58:00 WIB
MPR: Keterwakilan 30 Persen Perempuan di Parlemen Harus Diperjuangkan
Gedung DPR Ruang Paripurna. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Lestari Moerdijat menegaskan keterwakilan 30 persen perempuan di parlemen harus diperjuangkan. Pasalnya saat ini angka keterwakilan perempuan masih 20,5 persen.

“Kita bersama-sama sedang berjuang bahwa secara afirmatif 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen belum lah terwujud sebagaimana yang kita harapkan,” kata Lestari dalam Audiensi Virtual Kaukus Perempuan Politik Indonesia National Meeting, Minggu (28/2/2021).   

Lestari pun menegaskan gerakan nyata memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa keterwakilan 30 persen perempuan di parlemen harus diwujudkan. “Gerakan nyata untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas bahwa apa yang harus dilakukan dan bahwa 30 persen itu harus diperjuangkan, tidak boleh berhenti dan harus terus didengungkan,” tegasnya.

Lestari mengatakan berbagai macam usaha diperlukan untuk dapat bersama-sama membuat gerakan yang bisa mendobrak budaya patriarki. “Dimana ini adalah tantangan bagi kita semua.”

Sementara itu, Lestari menegaskan kemampuan perempuan sebetulnya sudah cukup terbukti, memadai, memiliki kapasitas, tetapi seringkali harus berhadapan dengan lingkungan yang tidak mendukung.

“Selain itu juga memerlukan komitmen dari semua pihak, tidak terlepas tentunya dari semua pemangku kepentingan, merekalah yang mempunyai kebijakan dalam hal ini tentu keterwakilan parlemen perlu kita perjuangkan,” kata Lestari.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: