MRT Bangun Museum Bawah Tanah, Jadi Ikon Baru Jakarta
Begitu fase 2 rampung, Visitor Center MRT di Stasiun Jakarta Kota akan direvitalisasi. Museum dan galeri bawah tanah tersebut masuk dalam program penataan besar-besaran kawasan Kota Tua.
“Kami ingin arahkan warga dan wisatawan untuk mengenal sisi utara Jakarta yang kaya sejarah dan budaya,” tambahnya. Stasiun Kota dan Glodok pun akan difungsikan sebagai pusat konektivitas yang terintegrasi dengan objek wisata di sekitarnya.
Konsep serupa juga disiapkan di stasiun bawah tanah Monas—titik ikonik yang merepresentasikan pusat pemerintahan sekaligus sejarah nasional.
Di sisi lain, Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad H. Mahfud mengungkapkan tren positif penjualan suvenir bertema MRT yang menunjukkan moda ini telah menjadi salah satu ikon Jakarta.
“Penjualan merchandise meningkat hingga 36 persen. Produk paling diminati adalah stiker, lanyard, gantungan kunci, hingga tote bag kolaborasi bertema urban,” ujarnya. Berbagai produk itu tersedia di gerai resmi MRT Merch Market Blok M.