MUI dan Wasathi Gelar Pendidikan Khatib, Cholil Nafis: Jangan Sampai Khotbah Berorientasi Duniawi

Widya Michella ยท Minggu, 09 Januari 2022 - 07:33:00 WIB
MUI dan Wasathi Gelar Pendidikan Khatib, Cholil Nafis: Jangan Sampai Khotbah Berorientasi Duniawi
Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis menegaskan khatib memiliki peran penting dalam setiap pelaksanaan sholat Jumat. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Wadah Silaturohim Indonesia (Wasathi) menggelar Pendidikan Khatib Wasathi. Pendidikan khatib itu digelar agar dakwah rutin yaitu khotbah sholat Jumat tidak membosankan, tidak berbobot serta tak terkesan asal-asalan.

Saat memberi sambutan dalam acara pembukaan di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Sabtu (8/1/2022), Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis menegaskan khatib memiliki peran penting dalam setiap pelaksanaan sholat Jumat. Sebab, seluruh jemaah dilarang berbicara saat khotbah sedang berlangsung tanpa memandang struktur sosial dan ilmu.

"Khotbah adalah pekerjaan yang paling sulit karena durasinya pendek, tapi harus mengemukakan banyak hal,” kata Cholil dikutip dalam laman resmi MUI, Minggu (9/1/2022).

Cholil menegaskan khotbah yang paling baik yaitu sedikit tapi mempunyai cakupan yang banyak, baik aspek ayat serta tafsirnya, sejarah, dan lain-lain. Sebaliknya, apabila khatib menyampaikan khotbah tidak menarik, tidak jelas, dan memprovokasi orang lain maka khotbah tidak lagi diposisikan sebagai keadaan yang sangat sakral.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda