Mutasi Besar-besaran Pejabat Polri, 19 Jenderal Pensiun

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 31 Juli 2021 - 05:15:00 WIB
Mutasi Besar-besaran Pejabat Polri, 19 Jenderal Pensiun
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memutasi 504 perwira tinggi dan perwira menengah Polri, 26 Juli 2021. (Foto: Div Humas Polri).

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi jabatan 504 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri. Sebanyak 19 jenderal dimutasi sebagai pati karena memasuki masa pensiun.

Mutasi jabatan tertuang dalam lima Surat Telegram Kapolri dengan nomor berurutan, dari ST/1506/VII/KEP./2021 hingga ST/1510/VII/KEP./2021 tertanggal 26 Juli 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Surat diteken Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

“Bersama ini diberitahukan kepada jenderal bahwa para pati/pamen polri tersebut dibebaskan dari jabatan lama/dimutasikan dalam jabatan baru,” kata Gatot dalam salinan surat telegramnya, dikutip Jumat (30/7/2021).

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin sertijab pejabat Polri, Rabu (24/2/2021). (Foto: Puteranegara Batubara).

Di antara para pati yang dimutasi, terdapat 19 orang yang memasuki masa pensiun. Sembilan di antaranya berpangkat inspektur jenderal (irjen).

Salah satunya Irjen Pol Sutrisno Yudhi Hermawan. Asisten SDM Kapolri ini dimutasi sebagai pati SSDM Polri. Posisi yang ditinggalkan Sutrisno dipercayakan kepada Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada.

Ada pula Irjen Pol Fiandar. Lulusan Akademi Kepolisian 1987 yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimpti Sespim Lemdiklat Polri tersebut dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri. Fiandar juga memasuki masa pensiun.

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar saat konferensi pers terkait demo penolakan UU Cipta Kerja yang berakhir ricuh Selasa malam, di Mapolda Banten, Rabu (7/10/2020).(Foto: iNews/Mahesa Apriandi)

Fiandar pernah memegang sejumlah jabatan strategis Polri. Di tingkat kewilayahan, semasa perwira menengah dia antara lain menjadi Kapolres KP3 Tanjung Perak Surabaya dan Kapolres Gresik.

Dia juga pernah menjabat wakapolda Riau (2014). Dipromosikan sebagai Gubernur Akpol pada 2019, setahun berikutnya karier makin mencorong dengan menjabat Kapolda Banten. Setelah itu Kadivkum Polri dan terakhir Analis Kebijakan Utama di Lemdiklat Polri.
 
Berikut 19 jenderal polisi pensiun: 

1. Irjen Pol Sutrisno Yudhi Hermawan, As SDM Kapolri dimutasikan sebai Pati SSDM Polri (dalam rangka pensiun).

2. Irjen Pol Ricky Francois Wakanno, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri, dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri (dalam rangka pensiun).

3. Irjen Pol Sukamto, Pati Bareskrim Polri (penugasan pada SKK Migas) dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (dalam rangka pensiun).

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3