Mutasi TNI, 5 Jenderal dan 4 Kolonel Anak Buah Prabowo Ikut Dirotasi

Riezky Maulana ยท Rabu, 25 November 2020 - 05:00:00 WIB
Mutasi TNI, 5 Jenderal dan 4 Kolonel Anak Buah Prabowo Ikut Dirotasi
Sebanyak sembilan perwira tinggi dan perwira menengah TNI yang bertugas di kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto ikut dimutasi Panglima TNI. (Foto: Kemhan)

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memutasi 129 perwira tinggi dan menenagah pada 19 Oktober 2020. Mutasi dilakukan berdasarkan Keputusan Panglima TNI nomor Kep/911/XI/2020 tanggal 18 November 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan Perwira Tinggi di lingkungan TNI

Mereka yang dimutasi terdiri atas 53 Pati TNI AD, 43 Pati TNI AL, dan 33 Pati TNI AU. Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI Kolonel Sus Aidil menegaskan, mutasi jabatan di lingkungan TNI merupakan hal biasa dalam dinamika organisasi.

“Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” ucap Aidil, dikutip dari laman resmi TNI, Sabtu (21/11/2020).

Perwira tinggi TNI yang dimutasi antara lain Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjutak yang digantikan Brigjen TNI Agus Subiyanto. Maruli yang merupakan menantu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tersebut mendapat tugas baru sebagai Pangdam IX/Udayana.

Selain itu mutasi juga dilakukan terhadap perwira tinggi dan menengah TNI yang bertugas di Kementerian Pertahanan (Kemhan). Tercatat ada lima jenderal dan empat kolonel yang dimutasi dari penugasan di kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto tersebut.

Berikut daftar lengkapnya:

1. Brigjen TNI dr Budiman SpBP-RE(K) MARS dari Kapusrehab Kemhan menjadi Kapuskesad,

2. Brigjen TNI Bonifasius Widiyanto Sambodo dari Ses Bainstrahan Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun),

Editor : Rizal Bomantama