Mutasi TNI, Dua Jenderal Humas Dipromosikan ke Jabatan Strategis

Riezky Maulana ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 04:04 WIB
Mutasi TNI, Dua Jenderal Humas Dipromosikan ke Jabatan Strategis

Wakapuspen TNI Laksma TNI Tunggul Suropati dipromosikan sebagai Gubernur TNI Akademi Angkatan Laut (AAL) berdasarkan mutasi pati terbaru. (Foto: Puspen TNI).

JAKARTA, iNews.id – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi dan promosi jabatan terhadap perwira tinggi di lingkungan TNI. Kali ini 14 pati yang berganti jabatan, terdiri atas 3 Pati TNI AD dan 11 Pati TNI AL.

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/777/X/2020 tanggal 1 Oktober 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dengan SK ini para pati tersebut akan mengikuti serah terima jabatan dan selanjutnya bertugas di tempat baru.

“Mutasi dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Panglima sebagaimana disampaikan Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil, dikutip dari laman resmi TNI, Minggu (4/10/2020).

Dari 14 pati yang dimutasi, dua jenderal yang selama ini bertugas di bidang kehumasan mendapat jabatan strategis. Keduanya yakni Laksma TNI Tunggul Suropati dan Laksma TNI Mohammad Zainal.

Tunggul yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Penerangan (waka puspen) TNI dipromosikan sebagai Gubernur TNI Akademi Angkatan Laut (AAL). Tunggul akan menggantikan Laksda TNI Edi Sucipto yang diberi tugas baru sebagai TA Pengkaji Bidang SKA Lemhannas.

Dengan mutasi tersebut, Tunggul akan promosi bintang dua (laksda). Lulusan AAL 1988 ini semasa berpangkat kolonel juga pernah bertugas di AAL dengan menjabat sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan (Dirrenbang).

Promosi juga diterima Laksma TNI Mohammad Zaenal yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal). Rekan satu angkatan Tunggul di AAL itu diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Komandan Lantamal V Surabaya Koarmada II.

Zaenal menggantikan Laksma TNI Tedjo Sukmono yang dimutasi sebagai Wakapuspen TNI. Dengan kata lain Tedjo mengisi posisi yang ditinggalkan Tunggul.

Editor : Zen Teguh