Nama Calon Menteri Mulai Masuk ke Jokowi, Perindo: Banyak Opsi Makin Bagus

Aditya Pratama ยท Rabu, 31 Juli 2019 - 05:00 WIB
Nama Calon Menteri Mulai Masuk ke Jokowi, Perindo: Banyak Opsi Makin Bagus

Ketua DPP Partai Perindo Arya Sinulingga. (Foto: iNews.id/dok).

JAKARTA, iNews.id, – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyebut nama-nama calon menteri sudah mulai masuk. Nama-nama ini kemungkinan bertambah mengingat partai politik koalisi dan relawan telah diminta untuk mengirimkan usulan figur yang dinilai dapat mengisi kabinet.

Perindo sebagai salah satu parpol dalam koalisi menyambut baik masuknya para kandidat menteri tersebut. Kendati demikian, sejauh ini belum ada pembahasan detail tentang rencana penyusunan kabinet.

"Jadi beliau (Presiden Jokowi) mengatakan bahwa pembahasan ini belum detail, belum dibicarakan dengan Pak Ma'ruf Amin maupun Pak JK (Jusuf Kalla)," ujar Ketua DPP Partai Perindo Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Mantan Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf ini meminta masyarakat bersabar terkait nama-nama menteri. Terlebih Jokowi telah meminta kepada seluruh partai maupun relawan untuk menyerahkan nama calon menteri agar mendapat beragam opsi.

BACA JUGA: PBNU Tidak Akan Minta-Minta Jatah Menteri ke Jokowi

Arya mengatakan, penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Dalam konteks ini, Jokowi tentu ingin mendapatkan banyak masukan untuk mewujudkan kabinet yang benar-benar dapat menjalankan program-program pemerintahan mendatang.

"Beliau (minta) supaya menyerahkan banyak orang, banyak pilihan. Pak Jokowi itu ingin banyak pilihan karena semakin banyak pilihan yang baik, maka terpilih yang terbaik pula dari usulan-usulan itu," kata Arya.

Jokowi sebelumnya memastikan bahwa nama-nama calon menteri untuk kabinet 2019-2024 mulai masuk. Nama-nama itu kemungkinan akan terus bertambah. Bagi Jokowi, semakin banyak nama semakin bagus.

"Semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan memilihnya akan menjadi semakin mudah," kata Jokowi di sela menikmati kuliner ayam goreng sambal blondo di warung makan Mbah Karto, Kabupaten, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).


Editor : Zen Teguh