Naval Base Open Day, KSAL Kenang Sejarah Berdirinya TNI AL

Irfan Ma'ruf · Senin, 10 September 2018 - 15:34:00 WIB
Naval Base Open Day, KSAL Kenang Sejarah Berdirinya TNI AL
Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. (Foto: iNews.id/ Irfan Maruf).

JAKARTA, iNews.id - TNI Angkatan Laut (AL) melaksanakan acara Naval Base Open Day di Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (10/9/2018). Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-73 TNI AL.

Dalam acara itu digelar upacara dan pameran alat utama persenjataan (alutsista) serta keahlian personel. Upacara dipimpin pangsung oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Pada kesempatan itu dia mengatakan, berdirinya TNI AL bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia. Momentum ini harus dijadikan upaya mengenang seluruh perjuangan pahlawan bangsa.

“Kita peringati bersama seluruh jajaran AL dari sabang sampai merauke seluruh Lantamal Jajaran Komando Utama untuk melaksanakan HUT ini untuk mengenang sejarah dan menghargai para pahlawan yang telah membangun dan menjadikan bangsa ini. Sampai saat ini kita bisa bersama menikmati hasil merdeka,” ujar Siwi di Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (10/9/2018).

Dia mengajak kepada seluruh peserta untuk bersyukur sekaligus hormat karena hari jadi TNI AL satu kesatuan dengan kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, cita-cita pendahulu untuk membangun negara yang merdeka berdaulat adil dan makmur harus dijalankan.

"Tepatnya pada 10 September 2018, 73 tahun lalu bersamaan dengan kemerdekaan Republik Indonesia. Pejuang TNI AL, pendahulu kita semuah telah berjuang untuk memerdekakan bangsanya," ucapnya.
Selain itu dia juga mengajak kepada seluruh prajurit TNI membaur bersama masyarakat untuk membangun bangsa. “Kita sadar, rakyatlah sebagai awal berdirinya TNI ini,” katanya.

Editor : Kurnia Illahi