Novel: Pengertian, Unsur, Ciri-ciri, Struktur dan Jenisnya Lengkap

Antik Dalu Shinta ยท Senin, 16 Mei 2022 - 15:42:00 WIB
Novel: Pengertian, Unsur, Ciri-ciri, Struktur dan Jenisnya Lengkap
Pengertian Novel adalah cerita prosa

JAKARTA, iNews.id - Novel adalah salah satu karya tulis dalam bahasa Indonesia. Agar para siswa semakin paham apa yang dimaksud dengan novel, pelajari pengertian, unsur, ciri-ciri dan strukturnya di sini.

Pengertian Novel

Melansir buku 'Be Smart Bahasa Indonesia' terbitan Grafindo Media Pratama, novel adalah cerita berbentuk prosa dalam ukuran yang panjang dan luas. Adapun, ciri-ciri novel adalah sebagai berikut

Ciri-ciri Novel

  • 1. Memiliki Plot yang Kompleks

Berbagai peristiwa ditampilkan saling berkaitan sehingga novel dapat memiliki cerita yang panjang dan lebar.

  • 2. Tema Tidak Hanya Satu

Dalam sebuah novel, dapat berbagai macam tema-tema sampingan. Oleh karena itu, pengarang dapat membahas hampir semua segi persoalan.

  • 3. Tokoh/Karakter dalam Novel Bisa Banyak

Pengarang novel sering menghidupkan novel dengan berbagai macam tokoh yang masing-masing digambarkan lengkah dan utuh. Dalam novel, terdapat tokoh statis yang tidak berubah dan tokoh dinamis yang mengalami perubahan.

Unsur Novel

Unsur intrinsik novel adalah unsur yang langsung membangun karya tersebut dan berada di dalam karya tersebut, misalnya tema, alur, tokoh, sudut panjang, gaya bahasa, latar, dan amanat.

Novel ekstrinsik novel adalah unsur yang berada di luar karya, seperti latar belakang budaya penulis novel, pendidikan penulis hingga latar ekonomi sosial penulis.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: