Nurdin Abdullah Ditangkap KPK, Video Koalisi LSM soal Kasus Pasir Laut Viral Lagi

Haryudi ยท Sabtu, 27 Februari 2021 - 23:59:00 WIB
Nurdin Abdullah Ditangkap KPK, Video Koalisi LSM soal Kasus Pasir Laut Viral Lagi
Gubernur Nurdin Abdullah mengecek Pulau Lantigiang dengan helikopter. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Pasca-Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), video koalisi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berunjuk rasa di laut terkait kasus tambang pasir kembali viral di media sosial. Video yang diunggah akun YouTube JATAM Nasional 25 September 2020 itu ramai kembali diperbincangkan di dunia maya.

Hingga Sabtu malam 27 Februari 2021 sudah disaksikan 1.066 kali. Dalam kolom deskripsi dijelaskan bahwa kekuasaan dan pengaruh yang dimiliki Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah tampak tidak sedang digunakan untuk menjamin keselamatan ribuan nelayan di wilayah operasi perusahaan tambang.

"Namun diduga justru hanya untuk memastikan kenyamanan dan perluasan usaha dari pebisnis tambang yang nota bene sebagian pemilik/pemegang saham perusahaan-perusahaan itu mantan Tim Sukses Nurdin," tulisnya.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di video berdurasi 5 menit 31 detik itu, terlihat koalisi LSM menggunakan perahu nelayan mengepung salah satu kapal besar yang diduga milik PT Boskalis. Dalam aksi itu nelayan bersama masyarakat menyebut itu adalah aksi gerakan masyarakat Kodingareng Sulawesi Selatan.

Editor : Agus Warsudi