Olimpiade Robotika SINDO Dorong Kreativitas Anak sejak Dini

Felldy Utama ยท Sabtu, 14 September 2019 - 16:49 WIB
Olimpiade Robotika SINDO Dorong Kreativitas Anak sejak Dini

Ratusan pelajar mengikuti Olimpiade Robotika SINDO (ORS) 2019 yang digelar SINDO Media di Jakarta, Sabtu (14/9/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.idKoran SINDO dan SINDONews.com kembali menggelar Olimpiade Robotika Sindo (ORS). Acara ini diselenggarakan sebagai sarana untuk menggali potensi dan kemampuan untuk menciptkana produk dalam dunia sains, khsusnya robotika bagi generasi Indonesia.

Direktur Bisnis dan Konten SINDO Media Pung Purwanto menuturkan, ORS merupakan upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perkembangan robotika dari tingkat SD sampai SMA.

”Nah salah satunya melalui olimpiade robotika. Jadi ini sekaligus sosialisasi bahwa robotika itu sesuatu yang tidak bisa dihindari lagi, kita harus ikut berperan aktif untuk kemajuan teknologi 4.0 yang sudah datang sekarang," kata Purwanto di Baywalk Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2019).

ORS 2019 digelar SINDO Media bekerja sama dengan PT Asuransi Jiwa Generali dan Asosoiasi Robotika & Otomasi Indonesia (AROI).


Purwanto bersyukur antusiasme masyarakat dalam menyambut ajang tahunan ORS ini terus bertambah dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk ORS 2019, sedikitnya 150 peserta turut serta. Acara semakin meriah karena kehadiran pihak orang tua dan guru sekolahnya masing-masing.

Mereka akan berkompetisi dan menggela eksebisi robot-robot kreatif. Robot-robot karya siswa ini nanti akan dinilai oleh dewan juri dari AROI.

Purwanto melihat banyak putera puteri bangsa Indonesia yang terus mengasah keterampilan di bidang robotika. Bahkan, kemampuan mereka dinilai tak kalah dari bangsa lain. Karena itu, dunia robotika tak boleh dipandang sebelah mata.

"Maka kita dari media bekerja sama dengan pemerintah dan asosiasi ingin menciptakan kurikulum yang nanti suistanable. Jadi pelajaran robot itu bahkan sudah dibikin dari TK sampai SMA, sampai tingkat penjurusan di D3 atau S1. Jadi mereka benar-benar siap untuk terjun langsung ke industri robotika," kata dia.


Chief Marketing & Customer Generali Indonesia Vibin Arbianti Gautama memandang otomasi robot dan kecerdasan buatan atau artificial intellegent sudah menjadi bagian penting di era industri 4.0 saat ini. Kehadiran robot itu akan semakin erat dengan aktivitas sehari-hari.

Menurutnya, perkembangan ini menjadi senuah peluang yang baik untuk terus mendukung dan mengasah kemampuan anak-anak agar mereka mampu mengambil bagian dari perkembangan teknologi di era digital.

"Melalui kompetisi ini, Generali berharap kreatifitas anak bangsa sudah mulai terbangun mulai dari tingkat pendidikan dasar. Acara ini juga bisa menjadi bekal dan dorongan bagi mereka untuk bisa bersaing di kompetisi robot tingkat dunia," kata Vivin.

Tak hanya kompetisi robot, ORS ini juga memberikan edukasi kepada para orang tua lewat sebuah acara talkshow tentang cara mendidik anak menjadi cerdas digital. Dalam diskusi ini, para narsumber mengupas tips dan trik mendidik anak di tengah tren penggunaan gadget dan media sosial.


Editor : Zen Teguh