Pandemi Covid-19, Pengelola Masjid Al Azhar Distribusikan Daging Kurban Langsung ke Warga

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 01:28 WIB
Pandemi Covid-19, Pengelola Masjid Al Azhar Distribusikan Daging Kurban Langsung ke Warga

Ilustrasi (foto: iNews.id/kuntadi)

JAKARTA, iNews.id - Masjid Agung Al Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tahun ini menyalurkan daging kurban langsung kepada penerima di wilayah Jabodetabek.

Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, Haji Iding mematuhi aturan dari pemerintah terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pengelola mengantisipasi terjadinya kerumunan warga pada saat penyaluran daging.

"Masjid Agung Al Azhar hanya melakukan pemotongan saja, pembagian daging langsung kita distribusikan ke sejumlah mushala di wilayah Jabodetabek," kata Iding di Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Tahun lalu, Iding mengatakan pengelola menyediakan kupon. Tahun ini kupon ditiadakan.

"Kalau tahun lalu kita menyediakan kupon untuk pengambilan daging, tahun ini Masjid Agung Al Azhar tidak menyediakan kupon," ujar Iding.

Daging yang sudah dipotong dan dikemas dalam paket seberat 1-1,5 kilogram langsung didistribusikan ke sejumlah mushola yang mengajukan pembagian daging kepada Masjid Agung Al Azhar. Tahun ini Masjid Agung Al Azhar melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 72 ekor kambing dan 11 ekor sapi.

Jumlah tersebut berkurang dari tahun sebelumnya, tercatat ada 145 ekor kambing dan 13 ekor sapi.

"Semoga jelang Idul Adha nanti jumlahnya bertambah lagi," kata Iding.

Untuk pelaksanaan penyembelihan, pengelola mengerahkan sejumlah petugas sebagai panitia kurban. Sedangkan petugas penyembelih ada empat orang dan petugas yang mengemas daging ada 10 orang.

"Untuk jumlah petugas memang harus dibatasi tidak boleh banyak-banyak sesuai arahan pemerintah berkurban di masa pandemi, terkait protokol kesehatan juga," kata Iding.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al Azhar juga didampingi petugas dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP). Pengawasan tersebut dilakukan untuk memastikan daging kurban yang disalurkan kepada masyarakat dalam keadaan aman, sehat, asuh dan halal.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq