Panja Jiwasraya Komisi III Buka Peluang Hadirkan Benny Tjokro di Parlemen

Felldy Utama · Selasa, 25 Februari 2020 - 21:56 WIB
Panja Jiwasraya Komisi III Buka Peluang Hadirkan Benny Tjokro di Parlemen

Direktur Utama PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputro. (Foto: Sindo)

JAKARTA, iNews.id – Panitia Kerja (Panja) Kasus Jiwasraya di Komisi III DPR membuka peluang untuk memanggil Benny Tjokrosaputro ke parlemen. Rencana pemanggilan salah satu tersangka kasus megakorupsi Jiwasraya itu untuk dimintai keterangannya di dalam rapat Panja Komisi III DPR nanti.

Sebelumnya, Benny Tjokro yang menyatakan siap untuk membongkar kasus rasuah di perusahaan asuransi pelat merah tersebut. Wakil Ketua Panja Kasus Jiwasraya di Komisi III DPR, Desmond Junaidi Mahesa menjelaskan, pemanggilan Benny baru bisa dilaksanakan jika sudah ada kesepakatan dengan Kejaksaan Agung dalam forum rapat Panja. Sampai saat ini, pihaknya belum menggelar rapat bersama Kejagung.

“Belum, Panja belum rapat. Apakah seurgen apa Benny Tjokro kita panggil, ini kan baru pernyataan. Kalau keputusan rapat Panja memanggil Benny Tjokro, siapa saja bisa kita panggil,” kata Desmond di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (25/2/2020).

Kendati demikian, politikus Partai Gerindra itu mengapresiasi kesediaan Benny Tjokro yang berniat akan membongkar secara tuntas kasus Jiwasraya. Oleh karenanya, dalam rapat Panja Jiwasraya di Komisi III nanti, dia mengusulkan agar Benny bisa dihadirkan. “Nanti saya usulkan kepada Panja supaya Benny Tjokro dihadirkan,” ujarnya.

Desmond memastikan Panja memiliki kewenangan juga untuk memanggil tersangka dalam sebuah kasus yang saat ini sedang ditangani oleh lembaga penegak hukum. “Siapa yang enggak bisa (memanggil tersangka)? DPR bisa memanggil siapa saja, termasuk presiden. Masak tersangka enggak bisa,” ucapnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil