Pasca-Aneksasi 4 Wilayah Ukraina, Rusia Akan Awasi Langsung PLTN Zaporizhzhia 

Umaya Khusniah · Rabu, 05 Oktober 2022 - 22:14:00 WIB
Pasca-Aneksasi 4 Wilayah Ukraina, Rusia Akan Awasi Langsung PLTN Zaporizhzhia 
Rusia berencana untuk mengawasi operasi pembangkit nuklir Zaporizhzhia setelah secara resmi mencaplok wilayah Zaporizhzhia minggu ini.  (Foto; Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia berencana untuk mengawasi operasi pembangkit nuklir Zaporizhzhia setelah secara resmi mencaplok wilayah Zaporizhzhia minggu ini. 

"Pembangkit nuklir Zaporizhzhia sekarang berada di wilayah Federasi Rusia dan, karenanya, harus dioperasikan di bawah pengawasan badan-badan terkait kami," kata Wakil Menteri Luar Negeri, Sergei Vershinin seperti dikutip RIA, Rabu (5/10/2022). 

Rusia merebut pembangkit nuklir Zaporizhzhia pada awal Maret tak lama setelah menginvasi Ukraina. Tetapi staf Ukraina terus mengoperasikannya. 

Baik Moskow dan Kiev sejak itu saling menuduh menembaki fasilitas itu. Padahal serangan semacam itu berisiko menimbulkan bencana nuklir.

Belum diketahui pasti bagaimana Rusia berencana mengoperasikan pabrik dan apakah akan mencoba dan memperkenalkan stafnya sendiri ke kompleks tersebut.

Kantor berita Rusia milik negara lainnya, TASS melaporkan,  Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pengawas nuklir PBB, Rafael Grossi, akan mengunjungi Moskow dalam beberapa hari mendatang. Kedatangannya untuk membahas situasi di pabrik tersebut.

Rusia mencaplok Zaporizhzhia dan tiga wilayah lainnya setelah mengadakan apa yang disebutnya referendum. Pemungutan suara ini dikecam oleh pemerintah Kiev dan Barat sebagai ilegal dan memaksa.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda