Paus Fransiskus Ajak Umat Katolik dan Kristen Berdoa Serentak Hadapi Corona

Maria Christina Malau ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 23:16 WIB
Paus Fransiskus Ajak Umat Katolik dan Kristen Berdoa Serentak Hadapi Corona

Paus Fransiskus mengajak umat Katolik dan Kristen di seluruh dunia berdoa serentak bersamanya besok Jumat (26/3/2020), untuk menghadapi pandemi corona. (Foto: Vatican News)

JAKARTA, iNews.idPaus Fransiskus mengajak semua umat Katolik dan Kristen di seluruh dunia, termasuk Indonesia, berdoa bersamanya untuk menghadapi virus corona. Doa bersama digelar besok, Jumat 27 Maret 2020 pukul 18.00 waktu Roma atau pukul 24.00 WIB.

Bapa Suci Fransiskus akan memimpin doa dan Adorasi Ekaristi dan Berkat Urbi et Orbi di Lapangan Santo Petrus, tanpa kehadiran umat. Paus sangat berharap agar semua umat Katolik dan Kristen dari berbagai denominasi gereja di seluruh dunia, bersatu dalam momen penting ini.

Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Romo V Adi Prasojo Pr mengatakan, khusus untuk umat Katolik dan Kristen di Indonesia, ajakan berdoa bersama ini disampaikan dalam surat Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Piero Pioppo.

Uskup Agung Pierro Pioppo mengajak para uskup, ordinaris keuskupan, para imam dan semua umat untuk bersatu secara rohani dengan doa Bapa Suci. Surat yang berisi ajakan kepada semua orang Katolik dan Kristen berdoa bersama Paus Fransiskus itu dikirimkan kepada Uskup Ignatius Kardinal Suharyo.

“Pada hari Jumat 27 Maret 2020 pukul 18.00 waktu Roma atau pukul 24.00 WIB, Bapa Suci Fransiskus akan memimpin doa dan Adorasi Ekaristi dan Berkat Urbi et Orbi di Lapangan Santo Petrus, tanpa kehadiran umat beriman. Merupakan keinginan Paus bahwa semua orang Katolik dan Kristen di seluruh dunia bersatu dalam momen penting ini, dalam momen yang menyulitkan ini,” kata Romo V Adi Prasojo Pr dalam siaran pers yang diterima, Kamis (26/3/2020).

Paus Fransiskus pada Rabu kemarin (25/3/2020) juga mengundang semua umat Kristiani untuk bergabung dengannya berdoa Bapa Kami, secara serentak di seluruh dunia. Lewat doa yang diajarkan Yesus Kristus tersebut, para umat menyampaikan doa permohonan kepada Tuhan agar mampu menghadapi situasi saat ini dan agar pandemi corona segera berakhir.

Saat memimpin misa di kapel Casa Santa Marta pada Kamis pagi tadi, Paus Fransiskus juga berdoa agar Tuhan membantu semua orang yang menghadapi berbagai ketakutan dan penderitaan yang terjadi belakangan ini di tengah pandemi corona.

Paus mengatakan, ketakutan itu termasuk para orang tua yang sendirian di panti jompo, atau di rumah sakit, atau di rumah mereka sendiri, dan mereka tidak tahu apa yang akan terjadi. Begitu juga ketakutan mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan sedang berpikir bagaimana mereka memberi makan anak-anaknya. Mereka menduga akan segera kelaparan.

“Ketakutan banyak pegawai negeri sipil. Saat ini mereka sedang bekerja untuk menjaga agar pelayanan masyarakat tetap berfungsi dan mereka mungkin sakit. Ada juga ketakutan, ketakutan-ketakutan masing-masing dari kita. Masing-masing mengetahui apa ketakutan mereka sendiri. Kita berdoa kepada Tuhan agar membantu kita untuk percaya, dan untuk menolerir serta mengatasi ketakutan ini,” kata Paus, seperti dikutip dari Vatican News.


Editor : Maria Christina