Pemeriksaan SIKM Penumpang Kereta Api Dari atau Menuju Jakarta Ditiadakan

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 13:45 WIB
Pemeriksaan SIKM Penumpang Kereta Api Dari atau Menuju Jakarta Ditiadakan

Sejumlah lokomotif menjalani perawatan di Balai Yasa Yogyakarta, selama masa perjalanan kereta api jarak jauh dibatalkan. (foto : Dok/Humas KAI Daops 6 Yogyakarta)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meniadakan pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) untuk penumpang kereta api jarak jauh yang berangkat dari atau menuju Jakarta. Kebijakan itu mulai berlaku Selasa (14/7/2020).

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan syarat pemeriksaan SIKM diganti dengan pengisian Corona Likelihood Metric (CLM) pada aplikasi JAKI. Eva berharap calon penumpang mengisinya secara jujur.

"Selain itu calon penumpang diharap menunjukkan hasil rapid test atau tes PCR yang berlaku 14 hari atau surat keterangan bebas gejala influenza bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas pemeriksaan covid-19. Lalu mengunduh aplikasi Peduli Lindungi," kata Eva di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

PT KAI akan menyiagakan petugas yang akan memeriksa kesehatan calon penumpang. Yaitu memastikan suhu tubuh calon penumpang tak lebih dari 37,3 derajat Celcius, wajib menggunakan masker, menggunakan pakaian lengan panjang, menjaga jarak, dan rutin cuci tangan.

Eva juga menjelaskan penumpang kereta api jarak jauh wajib mengenakan face shield selama perjalanan. PT KAI akan menyediakan untuk penumpang.

"Untuk pelanggan berusia di bawah tiga tahun agar menyediakan sendiri face shield pribadi," ucap Eva.

Editor : Rizal Bomantama