Pendiri Budi Utomo, Latar Belakang dan Tujuan Organisasinya

puti aini yasmin ยท Selasa, 12 April 2022 - 11:30:00 WIB
Pendiri Budi Utomo, Latar Belakang dan Tujuan Organisasinya
Ilustrasi Pendiri Budi Utomo

JAKARTA, iNews.id - Pendiri Budi Utomo harus diketahui setiap siswa untuk dapat menjawab pertanyaan. Agar semakin jelas, ini informasi pendiri, latar belakang hingga tokoh organisasinya.

Melansir buku 'Sejarah Pergerakan Nasional' dari Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT), latar belakang pembentukan organisasi Budi Utomo digagas oleh dr Wahidin Soedirohoesodo yang ingin menggalang dana belajar bagi pelajar bumiputra yang kurang mampu. Kemudian, gagasan tersebut disambut baik oleh para pelajar STOVIA (sekolah pendidikan kedokteran) di Batavia.

Siapa Pendiri Organisasi Nasional Budi Utomo?

Setelah gagasan tersebut diamini oleh para pelajar, dr Wahidin Soedirohoesodo melakukan pertemuan pada 20 Mei 1908 di Batavia. Dari pertemuan yang dilaksanakan pada 20 Mei 1908 di Batavia itu disepakati berdirinya organisasi Budi Utomo Adapun, pendiri Budi Utomo adalah Soetomo, Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji.

Tujuan Budi Utomo 

Tujuan organisasi pergerakan nasional Budi Utomo dipimpin oleh Soetomo, Goenawan Mangonkoesoemo dan Soeraji awalnya bukan menjadi partai politik tetapi untuk memajukan Hindia Belanda. Namun, pada tanggal 5 Oktober 1908, pendiri Budi Utomo dan anggota Budi Utomo mengadakan kongres pertama di Yogyakarta untuk menetapkan tujuan organisasi.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda