Pendiri Kedaikopi: Manusia Bisa Salah tapi Data Quick Count Jujur

Ilma De Sabrini · Sabtu, 20 April 2019 - 11:34 WIB
Pendiri Kedaikopi: Manusia Bisa Salah tapi Data Quick Count Jujur

Pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedaikopi) Hendri Satrio di acara Polemik MNC Trijaya Network bertajuk, Pemilu Serentak yang Menghentak, Jakarta, Sabtu (20/4/2019). (Foto: iNews.id/ Ilma De Sabrini).

JAKARTA, iNews.id - Hasil hitung cepat (quick count), exit poll maupun real count tidak pernah berbohong. Semuanya berangkat dari data yang dihimpun dari Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Namun, bukan berarti hasil quick count, exit poll maupun real count itu tidak bisa salah. Semua masalah yang terjadi di lapangan menjadi salah satu yang menyebabkan hasil cuick count, exit poll dan real count meleset dari hasil sebenarnya.

"Menurut saya enggak masalah karena itulah yang membedakan manusia dengan Allah SWT. Manusia itu bisa salah tapi data quick count itu jujur. Dia mencatat data yang ada di TPS tapi kalau ada temuan-temuan di lapangan, enumerator tidak bisa menyetop," ujar pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedaikopi) Hendri Satrio di acara Polemik MNC Trijaya Network bertajuk, Pemilu Serentak yang Menghentak, Jakarta, Sabtu (20/4/2019).


Sementara mengenai real count Pemilu 2019 internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi maupun internal koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin menurutnya memiliki data masing-masing. Namun, hasil akhir akan ditentukan oleh data yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Karena peraturannya sudah jelas data yang dipakai, yaitu punya KPU. Kalau nanti yang benar datanya Prabowo ya enggak apa-apa," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi