Pendiri PKS Hilmi Aminuddin Wafat

Felldy Utama ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 15:44 WIB
Pendiri PKS Hilmi Aminuddin Wafat

Pendiri Partai Keadilan dan juga Partai Keadilan Sejahtera Hilmi Aminuddin meninggal dunia, Selasa (30/6/2020). (Foto: dok. Okezone).

JAKARTA, iNews.id - Kabar duka datang dari Partai Keadilan Sosial (PKS). Pendiri partai yang juga Mantan Ketua Dewan Syura Hilmi Aminuddin wafat, Selasa (30/6/2020).

Juru Bicara PKS Pipin Sofian menuturkan, informasi resmi mengenai meninggalnya Hilmi segera disampaikan partai. Saat ini, DPP PKS sedang berkoordinasi dengan pihak keluarga.

“Benar (beliau wafat). Insya Allah dalam waktu dekat akan ada pernyataan resmi dari keluarga atau Humas PKS,” ucapnya, Selasa (30/6/2020).

Terkait itu, Pipin belum dapat menginformasikan mengenai penyebab meninggal maupun rencana pemakaman.

Hilmi Aminuddin mengenyam pendidikan pesantren di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Setelah itu memperdalam ilmu agama di sejumlah pesantren di Jawa.

Pada 1973, Hilmi terbang ke Arab Saudi untuk belajar di Fakultas Syariah Universitas Islam di Madinah. Selama enam tahun di Saudi, dia akrab dengan Yusuf Supendi yang juga merupakan tokoh perintis PKS. Kala itu Yusuf sedang berkuliah di Universitas Imam Muhammad Ibnu Saud, Riyadh.

Pada 1998, Hilmi bersama beberapa rekannya mendirikan Partai Keadilan (PK). Pada 2002, partai tersebut bertransformasi menjadi Partai Keadilan Sejahtera. Hilmi didaulat sebagai Ketua Dewan Syura yang merupakan lembaga tertinggi di PKS.

Ketika itu dia mengungguli tiga calon lainnya yakni Salim Segaf Al-Jufri (12 suara), Surahman Hidayat (8) dan Abdul Hasib Hasan (1). Pada 2010 dia kembali terpilih untuk menempati jabatan tersebut.

Editor : Zen Teguh