Penembakan di Cengkareng, IPW Soroti Pengawasan Polisi ke Anak Buah

Ari Sandita Murti ยท Jumat, 26 Februari 2021 - 07:23:00 WIB
Penembakan di Cengkareng, IPW Soroti Pengawasan Polisi ke Anak Buah
Ilustrasi Penembakan (Foto: Ilustrasi/istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kasus penembakan oleh polisi di Cengkareng, Jakarta Barat menewaskan tiga orang. Salah satu korbannya merupakan anggota TNI AD.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan, persoalan aktual yang dihadapi Polri dan Kapolri saat ini ada dua, yakni polisi terlibat narkoba dan polisi koboi yang main tembak. Kedua kasus itu perlu dievaluasi dan dianalisa para pimpinan kepolisian agar tidak terulang dan menurut IPW ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan polri.

"Kasus polisi terlibat narkoba dan polisi koboi selalu berulang, yang menunjukkan pengawasan berjenjang dari pimpinan atas hingga pimpinan terbawah tidak berjalan maksimal di Polri," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Maka itu, kata dia, tidak maksimalnya pengawasan para atasan, anak buah di bawah pun bersikap semau gue. Sistem pengawasan internal ini yang perlu ditata dan diterapkan secara konsisten agar sikap, perilaku, dan kinerja jajaran kepolisian tak melenceng, tapi bisa berjalan presisi.

"Sistem pendidikan di kepolisian sebenarnya sudah cukup baik, yang diperlukan itu kepedulian atasan untuk membimbing dan mengontrol anak buahnya," tuturnya.

Pasalnya, tambahnya, tingkat stres aparatur kepolisian memang lebih tinggi dari PNS maupun TNI, terutama di kota besar. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2