Pengamat Nilai Kemampuan Komunikasi Airlangga di Level Internasional Terbukti saat KTT G20

Felldy Utama ยท Kamis, 24 November 2022 - 13:14:00 WIB
Pengamat Nilai Kemampuan Komunikasi Airlangga di Level Internasional Terbukti saat KTT G20
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Biro KLIP Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam KTT G20 lalu dinilai telah menunjukkan kapasitas sebagai pemimpin. Pasalnya tidak gampang menjalin komunikasi dengan dua pemimpin besar dunia, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China, Xi Jinping, seperti pada KTT G20 di Bali lalu. 

“Di sini terlihat peran Airlangga yang mampu menjadi jembatan komunikasi antara pemimpin dunia sehingga bisa muncul deklarasi yang dilakukan oleh KTT G20 lalu,” kata pengamat politik, Adi Prayitno, Kamis (24/11/2022)..

Dosen FISIP Universitas Islam Syarief Hidayatullah Jakarta ini menilai, untuk bisa menjadi penghubung atau jembatan dua pemimpin dunia, Airlangga harus memiliki kapasitas dan kemampuan tentang perekonomian dunia dan peta politik global. Adi menilai ini jarang dimiliki pemimpin atau calon pemimpin saat ini.

“Saya lihat beliau ini memiliki kemampuan itu. Ini bukan perkara gampang, untuk bisa menyatukan pendapat pemimpin dunia yang dipersepsikan saling berhadap-hadapan,” kata Adi. 

Kapasitas yang dimiliki Airlangga itu dinilai menunjukkan kemampuannya sebagai pemimpin sebuah bangsa. Pengetahuan yang luas dan gaya komunikasinya yang luwes juga membuat Ketua Umum Partai Golkar itu tampak percaya diri saat berhadapan dengan para pemimpin dunia.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda