Pengamat Sebut Pembelian Alutsista Bentuk Nyata Kemhan Bangun Kekuatan TNI

Riezky Maulana ยท Minggu, 13 Februari 2022 - 06:54:00 WIB
Pengamat Sebut Pembelian Alutsista Bentuk Nyata Kemhan Bangun Kekuatan TNI
Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati. (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati menilai pembelian alutsista bentuk nyata Kementerian Pertahanan (Kemhan) membangun kekuatan TNI. Hal itu sesuai amanah UUD NRI 1945 yang menyatakan melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Pembelian Alutsista merupakan bentuk nyata Kemhan RI melaksanakan fungsi untuk pembangunan kekuatan TNI. Fungsi ini merupakan amanah UUD NRI 1945 yang menyatakan tujuan nasional pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia serta tujuan nasional keempat ikut melaksanakan ketertiban dunia," kata Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati dalam keterangan pers, Minggu (13/2/2022).

Sebelumnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah menyepakati pembelian jet tempur multi-peran asal Prancis, Dassault Rafale. Jumlah unit yang disepakati berjumlah 6 tahap pertama dari keseluruhan 42 jet yang rencananya akan diakuisisi oleh Indonesia. 

Selain jet tempur, Indonesia akan membeli dua kapal selam Scorpene buatan Prancis. Adapun rencana itu masuk dalam salah satu kesepakatan antara Naval Group Prancis dengan PT PAL. 

Menurut dia, pembelian jet tempur dari negara anggota Dewan Keamanan PBB memiliki dampak penangkalan yang tinggi. Selain itu, tidak semua negara bisa membeli alutsista meski anggarannya memadai.

"Pembelian alutsista, termasuk pesawat tempur, dari negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB dinilai memiliki dampak penangkalan yang tinggi. Tidak semua negara bisa membeli meskipun anggarannya memadai," ucap dia. 

"Kedua negara baik Perancis maupun Amerika Serikat pasti memiliki kalkulasi yang akurat dalam memproyeksikan kebijakan luar negeri masing-masing," imbuh dia.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda