Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia Sepakat Beroperasi 29 Juli

Felldy Utama ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 06:47:00 WIB
Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia Sepakat Beroperasi 29 Juli
Ilustrasi Bioskop (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) sepakat untuk kembali beroperasi secara serentak di seluruh Indonesia pada 29 Juli 2020. Keputusan tersebut diambil dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan virus Corona atau Covid-19.

Ketua GPBSI Djonny Syafruddin mengatakan organisasi meliputi Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex. Para pengelola membutuhkan waktu untuk mempersiapkan pembukaan bioskop tersebut.

"Perihal penerapan Protokol Kenormalan Baru di lingkungan bioskop, seluruh pengusaha bioskop membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu untuk mempersiapkan implementasi penerapan protokol kesehatan yang dimaksud. Dengan demikian, para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan bersepakat untuk dapat kembali melakukan kegiatan operasional bioskop terhitung mulai Rabu, 29 Juli 2020 secara serentak di seluruh Indonesia," kata Djonny dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/7/2020).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan operasional bioskop sebagai bahan evaluasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase 1. Bioskop sudah boleh beroperasi sejak 6 Juli 2020.

Syarat yang harus dipenuhi penonton yakni menggunakan masker, melakukan budaya etika batuk dan bersin, menghindari menyentuh mata, hidung, dan wajah, serta mejaga jarak minimal 1 meter.

"Bioskop sudah boleh dibuka sejak Senin (6/7) hingga hari terakhir PSBB transisi pada Kamis (16/7)," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Cucu Ahmad Kurnia di Jakarta, Selasa (7/7/2020).


Editor : Muhammad Fida Ul Haq