Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Bahlil Ungkap Jasa Soeharto: Inflasi Terjaga hingga RI Jadi Macan Asia
Advertisement . Scroll to see content

Perbedaan Iklan, Slogan, dan Poster yang Jarang Diketahui 

Jumat, 29 September 2023 - 21:57:00 WIB
Perbedaan Iklan, Slogan, dan Poster yang Jarang Diketahui 
Perbedaan iklan, slogan dan poster (Freepik)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Perbedaan iklan, slogan, dan poster ini harus diketahui para pekerja di bidang advertising. Pasalnya, ketiganya adalah strategi pemasaran yang efektif mengenalkan barang atau jasa suatu perusahaan kepada masyarakat.

Agar suatu bisnis bisa sukses maka diperlukan sebuah upaya promosi guna memperkenalkan produk yang dimiliki. Di antaranya dengan menggunakan iklan, slogan, dan poster.

Iklan, slogan, dan poster adalah beberapa media untuk menawarkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Baik iklan, slogan, dan poster pada umumnya dipasang di tempat umum agar bisa dilihat oleh khalayak.

Walaupun begitu, ketiganya mempunyai sejumlah perbedaan yang perlu diketahui. Mulai dari isi, bentuk dan tujuannya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan iklan, slogan dan poster, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari ketiga hal tersebut, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (29/9/2023).

Slogan

Dikutip dari buku ‘Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8’ terbitan Gramedia Widiasarana Indonesia, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup), prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainnya.

Iklan 

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukkan kepada sebagian besar masyarakat. Poster 

Poster 

Poster adalah plakat yang dipajang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. 

Perbedaan Iklan, Slogan, dan Poster

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dilihat perbedaan iklan, slogan, dan poster sebagai berikut:

Iklan

Menggabungkan unsur gambar dengan kata-kata, gerak, dan suara serta ditemukan di media massa yang berfungsi mendorong atau membujuk masyarakat agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Faktor Perbedaan:

1. Memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat atau target konsumen.
2. Bisa berwujud media cetak ataupun media daring
3. Terpasang dalam bentuk teks maupun video
4. Lebih memperlihatkan kelebihan produk atau jasa dari perusahaan.
5. Bahaanya berusaha membangun minat masyarakat untuk membeli.

Slogan

lebih mengutamakan unsur kata-kata yang dibuat dengan seringkas mungkin dan menarik agar mudah diingat.

Faktor Perbedaan: 

1. Slogan terampung dalam beberapa kata saja, tapi tetap memikat.
2. Bisa dipasang untuk kebutuhan iklan atau poster
3. Bisa diletakkan pada media apapun.

Poster

Lebih mengutamakan unsur iklan pada gambar serta dipajang di tempat umum yang sering dilalui orang.

Faktor perbedaan:

1. Dipasang di tempat umum agar lebih bisa dijangkau oleh banyak orang.
2. Kebanyakan dibuat menggunakan media kertas.
3. Memberikan ide dan gagasan yang memikat.

Demikian ulasan tentang perbedaan iklan, slogan, dan poster yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat!

Editor: Johnny Johan Sompotan

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut