Percepatan Pemulihan Sektor Parekraf Nasional, Sandiaga Gandeng BNPB Petakan Penanganan Covid-19

Djibril Muhammad · Kamis, 04 Maret 2021 - 18:20:00 WIB
Percepatan Pemulihan Sektor Parekraf Nasional, Sandiaga Gandeng BNPB Petakan Penanganan Covid-19
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bertemu Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Graha BNPB, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (4/3/2021). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Penanganan virus corona (Covid-19) dinilai menjadi syarat utama dalam percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional. Dalam upaya tersebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) manggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang merupakan garda terdepan penanggulangan pandemi Covid-19. 

Kerja sama kedua lembaga ini ditandai dengan pertemuan antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dengan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Graha BNPB, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (4/3/2021).

Dalam pertemuan itu keduanya membahas kerangka kerja. Terutama, mengenai masalah sekaligus solusi yang dapat dihadirkan dalam mengakhiri pandemi Covid-19. Pandemi ini dinilai menggerus seluruh aspek ekonomi, terlebih sektor parekraf nasional sejak setahun terakhir.

Selain itu, beragam bencana alam yang melanda sebagian wilayah Nusantara juga dinilai memicu terpuruknya sektor parekraf saat ini. "Kerangka kerja sudah kami bangun, yaitu sebab dan akibat krisis sektor parekraf yang sedang dihadapi saat ini. Ada dua faktor, antara lain alam dan non alam, karena itu data-data terus kita kumpulkan untuk menjadi bagian pengolahan big data kita," ujar Sandiaga.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2