Perlengkapan Utama Prajurit TNI, Ini Daftar dan Fungsinya

Ajeng Wirachmi ยท Selasa, 24 Mei 2022 - 15:40:00 WIB
Perlengkapan Utama Prajurit TNI, Ini Daftar dan Fungsinya
Ilustrasi perlengkapan untuk prajurit TNI

JAKARTA, iNews.id - Perlengkapan utama prajurit TNI harus dipersiapkan secara baik agar lancar selama berada di medan tempur. Prajurit TNI dilengkapi dengan perlengkapan utama yang masuk dalam alat utama sistem senjata (alutsista).

Apa  Saja Perlengkapan Utama Prajurit TNI?

  • Senjata

Perlengkapan utama prajurit TNI adalah senjata. Adapun, senjata yang dimaksud adalah pistol dan senapan. Di Indonesia sendiri, senjata para prajurit diproduksi oleh PT Pindad (Persero), salah satunya adalah SS2 V1 A1 yang merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya.

Senapan ini memiliki panjang laras 460 mm yang mampu membidik target sejauh 400 meter dengan sangat akurat. Amunisi kaliber yang dimiliki adalah 5,56 x 45 mm. Untuk pistol, Indonesia memproduksi G2 Combat dengan amunisi 9 x 19 mm parabellum.

Pistol ini digunakan secara luas oleh angkatan bersenjata di Indonesia. Panjang laras yang dimiliki adalah 4,5 inch dan memungkinkan tepatnya akurasi tembakan sambil menjaga keseimbangan. G2 Combat sangat cocok dijadikan andalan dalam pertempuran jarak dekat.

  • Munisi

Munisi atau amunisi juga masuk dalam daftar perlengkapan utama prajurit TNI. Berbagai jenis munisi dimiliki dan diproduksi sendiri di Indonesia, sehingga segala kebutuhan prajurit TNI dapat terpenuhi.

Munisi yang biasa digunakan adalah peluru, gas air mata, dan granat. Peluru MU3-TJ milik Indonesia, misalnya, diperuntukkan bagi senjata kaliber 12,7 x 99 mm atau senapan mesin M2HB. Peluru ini terbuat dari bahan kuningan dan baja lunak. MU3-TJ dapat melesat dengan kecepatan rata-rata 900 meter per detik. 

  • Peralatan Tempur

Jika bicara tentang peralatan tempur, maka tank atau kendaraan lapis baja adalah salah satunya. Indonesia sudah dikenal sebagai negara pemilik berbagai peralatan tempur canggih, seperti Pindad Badak, Pindad Komodo, dan Tank Harimau.

Pindad Badak adalah perlengkapan utama prajurit TNI yang merupakan kendaraan lapis baja dan dibuat oleh PT Pindad. Kendaraan ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan TNI, terutama satuan kavaleri dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm dan two-man turret berkaliber 90 mm. Sementara itu, kendaraan ini mampu menampung 3 orang personel.  

Pindad Komodo merupakan kendaraan taktis yang memang didesain untuk misi pengintaian. Karena itu, kendaraan ini mampu bergerak lincah di setiap misinya. Dengan menampung 4 orang personel, pindad komodo mampu menyambungkan komunikasi antarpasukan lain lewat radio HF dan VHF. Ada pula intercom yang ada di dalamnya.  

Satu lagi alat tempur canggih milik Indonesia adalah Tank Harimau. Kendaraan ini dibuat oleh oleh PT Pindad khusus untuk wilayah tropis dengan bobot tergolong ringan. Perlengkapan utama prajurit TNI ini dilengkapi dengan mesin kaliber 7,62 mm dan two-man turret kaliber 105 mm.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel: