PGRI Sebut Wabah Corona Jadi Momentum Guru Bangkit dan Belajar Bersama

Antara ยท Sabtu, 02 Mei 2020 - 13:17 WIB
PGRI Sebut Wabah Corona Jadi Momentum Guru Bangkit dan Belajar Bersama

Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Di Hari Pendidikan Nasional ini, Sabtu (2/5/2020), Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengatakan wabah corona menjadi momentum para guru untuk bangkit, bersatu, dan belajar bersama. PGRI menyebut kondisi seperti sekarang tak pernah dibayangkan sebelumnya di mana masyarakat dipaksa bekerja dan belajar di rumah.

Pesan itu disampaikan Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi saat membuka webinar dan pelatihan “Self Driving for Teacher: Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah" yang digelar secara daring di Jakarta. Menurutnya pandemi corona membuat guru harus berkolaborasi dengan orang tua dan pihak terkait lainnya untuk merumuskan pembelajaran yang menyenangkan serta efektif bagi siswa di rumah.

"Pandemi corona ini menjadi momentum bagi guru untuk bangkit, bersatu, dan bergerak bersama melawan corona, melawan kemalasan serta ketertinggalan," katanya.

Dia mengatakan penggunaan teknologi untuk pembelajaran yang sebelumnya dirasa sulit kini bisa dilakukan di tengah pandemi corona. Unifah pun mendorong guru yang bertugas di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal untuk berinovasi agar bisa melaksanakan pembelajaran di tengah pandemi corona.

"Karena di sana ada keterbatasan jaringan internet," katanya.

Sementara itu narasumber lain, Pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali mengatakan pandemi corona mengantarkan para guru ke era baru yang tidak mudah di tengah perkembangan teknologi. Di sisi lain ini menjadi tantangan karena tak sedikit guru yang tidak terbiasa dengan perkembangan teknologi.

"Kesulitan jangan dianggap sesuatu yang mengganggu, karena lambat laun kita akan terbiasa dengan catatan terus tekun menguasai teknologi pembelajaran," katanya.

Editor : Rizal Bomantama